TABLOIDBINTANG.COM -  Sutradara Iran, Asghar Farhadi akhirnya menerima piala Oscar tiga bulan setelah ajang tersebut digelar. Penerimaan piala Asghar Farhadi tertunda karena sutradara Iran ini memboikot kebijakan Donald Trump. Seperti dilansir Entertainment Weekly, Kamis (18/5), Asghar Farhadi memenangkan penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik untuk karyanya The Salesman. Namun, Asghar Farhadi menolak hadir di Oscars 2017 pada bulan Februari. 

Asghar Farhadi memilih orang berkebangsaan Iran lain untuk mewakilinya. Absennya Asghar Farhadi merupakan bentuk boikot terhadap kebijakan Donald Trump. Presiden Amerika Serikat ini sempat mengusulkan larangan bagi sejumlah negara dengan mayoritas penduduk Muslim untuk datang ke Amerika Serikat. Kebijakan yang dikenal dengan nama Muslim Ban ini langsung memicu kontroversi dan mendapat kecaman publik.

Kini, Asghar Farhadi sudah menerima piala Oscar ketika menghadiri Cannes Film Festival 2017, Kamis (18/5). Meredith Sea selaku perwakilan Academy of Motion Pictures Arts and Sciences terbang langsung ke Paris, Perancis demi bisa memberikan piala Oscar kepada Asghar Farhadi dan Alexandre Mallet-Guy selaku produser.

Baca juga

"Academy merayakan prestasi dalam bidang seni film yang melampaui batasan dan berbicara kepada masyarakat seluruh dunia, tidak peduli perbedaan negara, etnis atau agama," berikut pernyataan resmi pihak Oscar beberapa waktu lalu. Meski sudah menerima piala Oscar, Asghar Farhadi belum tentu bisa menyimpannya. Ini karena piala Oscar 2017 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik diberikan kepada negara, bukan sutradara filmnya.  

(dira/yb)