TABLOIDBINTANG.COM -

Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tidak menjalankan persiapan khusus dalam debat perdana yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum pada Jumat, 17 Januari 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat mendatang.

“Persiapannya ya sepanjang karier, kalau mau jadi calon gubernur harus siap debat,” katanya, Selasa 10 Januari 2017.

Anies mengatakan debat bukanlah teater, menurutnya dalam debat tidak memerlukan persiapan kosmetik untuk memperindah performanya. “Debat itu bukan teater, kalau teater mimiknya diatur, kalau debat itu apa adanya,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan debat seperti ujian skripsi. “Seperti belajar ujian untuk skripsi, ada materi pelajarannya, ya semuanya (yang akan diuji), jadi (persiapannya) baca-baca, refresh data,” jelas Anies.

Dia juga menuturkan calon gubernur harus siap dengan berbagai pertanyaan yang akan dilontarkan oleh panelis. “Kita harus bisa merespon apa saja pertanyaan yang ditawarkan, dan untuk itu tidak ada persiapannya seperti apa, persiapannya sepanjang karier,” tutur Anies.

Oleh sebab itu, Anies bersama pasangannya gencar melakukan blusukan untuk menampung aspirasi warga Jakarta. Berdasarkan data yang dia dan timnya himpun, pembangunan di Jakarta bukan hanya pembangunan infrastruktur semata, melainkan pembangunan karakter manusia lewat pendidikan.

“Selain pembangunan fisik kita juga butuh pembangunan karakter lewat pendidikan, warga Jakarta cerdas memaknai pendidikan, saya berharap pesan-pesan yang saya sampaikan, sampai ke warga,” kata Anies. 
 

TEMPO.CO