TABLOIDBINTANG.COM -  Skip challenge yang kini tengah digandrungi para remaja merupakan salah satu jenis pass out challenge (permainan untuk menghilangkan kesadaran diri). Selain menekan dada, mencekik leher sendiri atau orang lain juga dilakukan untuk menghilangkan kesadaran. Cara lain bernapas dengan cepat selama hampir semenit kemudian memasukkan jempol ke dalam mulut. 

Berbagai cara melakukan pass out challenge ini tersebar di dunia maya. Di Amerika permainan ini telah lama dikenal. Bahkan menurut data yang diungkap laman GASP, hampir 1000 orang meninggal akibat pass out challenge ini sejak tahun 1934. Mirisnya, nama lain dari permainan ini adalah "good boys game" (permainan anak yang baik) karena tidak melibatkan alkohol ataupun narkoba.

Dipercaya mereka yang melakukan permainan ini akan merasakan euforia selama beberapa saat. Meski umumnya para pemain hanya kehilangan kesadaran selama beberapa saat, permainan ini sangat berbahaya. Kekurangan oksigen bisa menyebabkan kematian sel dalam tubuh. Kematian sel ini akan menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan motorik, sehingga tangan tidak mampu melonggarkan cekikan, yang akan berujung pada kematian.

Baca juga

Kematian juga dapat terjadi ketika tubuh terjatuh dan menghantam benda berbahaya, seperti gelas akibat kehilangan kesadaran, seperti yang dialami David Nuno, remaja asal Amerika Serikat. Ia meninggal setelah lehernya tertusuk gelas kaca akibat terjatuh setelah melakukan pass out challenge.

Jadi, jangan sekali-kali mencoba permainan ini. Karena nyawa Anda dan orang terdekat yang jadi taruhannya.  

(yuri/yb)