TABLOIDBINTANG.COM -  Kemiripan adalah hal yang umum terjadi di dunia musik. Anda pasti pernah mendengar sebuah lagu kemudian langsung teringat lagu lain karena melodinya yang mirip, bukan?

Isu seperti ini kerap menimpa musisi Indonesia. Banyak lagu-lagu mereka yang dianggap mirip dengan lagu musisi luar negeri. Entah terinspirasi atau benar-benar menjiplak, tidak ada yang tahu. Mungkin juga kemiripan tersebut tidak disengaja karena tangga nada hanya mempunyai tujuh not.

Apa saja lagu Indonesia yang mirip dengan lagu musisi luar negeri? Berikut lima diantaranya:

Baca juga

1. Asal Kau Bahagia - Armada

Lagu terbaru Armada ini tengah menjadi pembicaraan di dunia maya. Banyak netizen merasa jika bagian reffrain 'Asal Kau Bahagia' mirip dengan lagu 'Liu Xing Yu' milik F4. Armada sendiri membantah kabar tersebut. Mereka mengaku kaget saat tahu kemiripan dua lagu tersebut.

2. D'Masiv - Cinta Ini Membunuhku

D'Masiv sempat dikritik pedas publik beberapa tahun lalu. Pasalnya, sejumlah lagu D'Masiv dianggap sama dengan lagu-lagu musisi luar negeri. Salah satunya adalah Cinta Ini Membunuhku dimana intronya mirip lagu 'I Don't Love You' milik My Chemical Romance.  

3. Cherrybelle - Best Friend Forever

Saat pertama kali muncul, Cherrybelle sering diibaratkan sebagai SNSD versi Indonesia. Ini karena jumlah personel dan konsep kedua girlband ini mirip. Kemiripan mereka berlanjut lewat lagu. Beberapa bagian lagu 'Best Friend Forever' milik Cherrybelle nyaris sama dengan 'Kissing You' milik SNSD. 

4. Aura Kasih - Mari Bercinta

Aura Kasih debut di dunia musik dengan lagu 'Mari Bercinta'. Sayangnya, debut Aura Kasih sempat mendapat sorotan negatif. Ini karena bagian awal lagu 'Mari Bercinta' mirip dengan lagu 'Give It To You' milik Sean Paul & Eve. 

5. Joeniar Arief - Rapuh

Sama seperti Aura Kasih, lagu debut Joeniar Arief juga mengundang perhatian karena kemiripan dengan lagu musisi luar. Hampir semua melodi lagu ini mirip dengan lagu 'Bleeding Love' milik Leona Lewis. Joeniar Arief sendiri tidak menampik kemiripan kedua lagu ini. Namun, Joeniar Arief membantah jika 'Rapuh' merupakan plagiat 'Bleeding Love'.

 

(dira/gur)