TABLOIDBINTANG.COM -  SINETRON bertema azab kembali marak di layar kaca seiring popularitas Jodoh Pengantar Jenazah yang berganti judul Jodoh Wasiat Bapak.

Teman sinetron azab, di mana orang jahat akan mendapat ganjaran di akhir hayatnya, sebenarnya sudah mewabah sekitar tahun 2004 lewat sinetron Rahasia Ilahi yang tayang di TPI. Sejak itu muncul sinetron episodik dengan tema sejenis, seperti Sinema Hidayah, Misteri Dua Dunia, dan Pintu Hidayah.

Belakangan sinetron bertema azab yang nyaris di setiap episodenya ada adegan kematian dan pemakaman kembali mewabah di layar kaca. Apa saja?

Baca juga

JODOH WASIAT BAPAK
Sinetron Jodoh Pengantar Jenazah tayang perdana di ANTV pada 17 April 2017, dan mendapat sambutan hangat. Meski tayang pukul 22.15 WIB, sinetron ini mampu menembus 5 besar.
Mulai Juli 2017, sinetron Jodoh Pengantar Jenazah ganti judul Jodoh Wasiat Bapak dan tayang sehari dua kali, pukul 19.00 WIB dan 22.15 WIB.
Jodoh Wasiat Bapak mengikuti perjalanan Adam (Adly Fairuz) yang berprofesi sebagai sopir mobil jenazah. Setiap jenazah yang diantar Adam memiliki kisah pilu yang kemudian kisahnya terjadi di layar kaca. Jenazah yang mati secara tak wajar, menuntut balas pada orang yang menjahatinya.

Dewi Perssik sebagai Nadin (Seno Susanto / tabloidbintang.com)
zoom

NADIN
Sinetron Nadin awalnya dituding mengekor serial India populer, Naagin. Berkisah tentang Nadin yang merupakan siluman ular, jatuh cinta pada anak manusia. Cerita kemudian berubah menjadi episodik, di mana tetangga Nadin diceritakan banyak yang syirik. Cerita seputar pesugihan, penglaris, pelet, santet dan sejenisnya mewarnai episode Nadin yang tayang di ANTV. Sebagian besar karakter yang memakai ilmu hitam dikisahkan tewas mengenaskan. Dengan konsep baru, terbukti rating Nadin stabil di 10 besar setelah 5 bulan tayang.

Ali Syakieb (Bambang Setiawan / tabloidbintang.com)
zoom

KEKASIH DUNIA AKHIRAT
Sinetron Kekasih Dunia Akhirat tayangan ANTV mengisahkan kehidupan Ilham sebagai penggali kubur. Karakter Ilham diperankan Ali Syakieb. Sinetron kekasih Dunia Akhirat menyorot kisah semasa hidup jenazah yang dikuburkan Ilham.

Masayu Anastasia (Seno Susanto / tabloidbintang.com)
zoom

SURATAN ILAHI
Suratan Ilahi merupakan slot FTV garapan Mega Kreasi Films untuk Indosiar. Tayang pukul 00.00 WIB, Suratan Ilahi memang tak sepopuler sinetron sejenis. Suratan Ilahi mengangkat perbuatan dosa yang dilakukan orang untuk mencapai tujuannya, seperti guna-guna, pesugihan dan ilmu hitam lain. Artis Masayu Anastasia, Ihsan Tarore sampai Tyas Mirasih pernah terlibat di Suratan Ilahi.

zoom

KUASA ILAHI
Kuasa Ilahi merupakan slot FTV sore di MNCTV garapan MNC Pictures. Kisah anak durhaka, istri egois dan sejenisnya mewarnai FTV di Kuasa Ilahi. Untuk tayangan sore, Kuasa Ilahi memiliki share cukup baik untuk ukuran MNCTV.

zoom

GALI LOBANG TUTUP LOBANG
SCTV - SinemArt tidak mau kalah membuat sinetron sejenis. Hanya saja, tema dan penggambaran ganjaran yang ditampilkan terbilang lebih halus dibanding judul sinetron lain yang mengangkat tema sejenis. Sinetron Gali Lobang Tutup Lobang mengisahkan kehidupan Dude Harlino sebagai Oji, seorang penggali kubur.

(ray/ray)