TABLOIDBINTANG.COM -  Persahabatan sekompak apa pun tetap berisiko memantik persoalan. Mengingat, hubungan itu berisi sejumlah kepala dengan pola pikir dan sudut pandang berbeda.

Sineas Naya mencoba menampilkan premis klasik ini ke dalam kisah perjalanan menuju Bali melalui jalur darat. Menarik, karena sekumpulan anak muda ini dilakonkan para aktor dengan penjiwaan kuat. 

Joana (Ayushita), mahasiswi geologi berusia 23 tahun. Ia berencana melanjutkan pendidikan strata 2 di Amerika Serikat. Jano (Tara Budiman) mahasiswa jurusan fisika yang menyambung hidup dengan bekerja di toko musik. Dika (Ringgo Agus Rahman) mahasiswa “abadi” jurusan Fisika. Ia gemar mengabadikan sejumlah eksperimen berbasis teknologi lalu diunggah di YouTube. Suatu hari, Joana mengajak dua sahabatnya melakukan perjalanan ke Kawah Ijen, Jawa Timur.

Baca juga

Jano menolak dengan alasan, kuota cutinya menipis. Pendirian Jano goyah saat cewek yang diincarnya, Kayla (Annisa Pagih) memberi 3 tiket gratis untuk menyaksikan pertunjukannya di Bali. Jano, Joana, dan Dika menyewa mobil Combi tua lalu meluncur ke Pulau Dewata. Di tengah jalan, Dika syok mendapati seorang laki-laki tergeletak di jok mobil belakang. Laki-laki itu terbangun dan memperkenalkan diri sebagai Gimbal (Tanta Ginting). 

Dok. Fundamental Films/ MVP Pictures
zoom

Cerita yang disusun Isman dan Nicholas sederhana. Tentang sekumpulan anak muda yang bepergian. Kesederhanaan ini menguat berkat latar belakang karakter yang terang. Dika sejak awal divisualkan tidak terlalu cerdas, sedikit berlebihan, dan slebor. Lain dengan Joanna yang di beberapa bagian tampak bossy dan berambisi. Bahkan, memaksakan ambisi itu kepada dua temannya. Dan Jano, paling tak berdaya di antara ketiganya. 

Naya, yang kita kenal lewat film Sundul Gan: The Story of Kaskus luwes menempatkan sejumlah adegan pemicu tawa. Beberapa titik tawa disebar di sejumlah tempat untuk memastikan Berangkat! menjadi suguhan yang tidak membosankan. Momen Dika menirukan suara perempuan yang bergunjing di toilet umum, merupakan salah satu adegan kocak.

Naya berupaya agar Anda tidak bosan mengikuti perjalanan para tokoh Berangkat! sama seperti empat sekawan ini tidak bosan berkelana ke sejumlah titik di Pulau Jawa. Konflik yang ditampilkan cenderung ugal-ugalan. Tak ada yang serius atau dramatis. Bisa jadi, Naya berangkat dari pemikiran bahwa mayoritas perjalanan wisata tak mengalami kendala serius apalagi tragis. Risikonya, Berangkat! menjadi perjalanan wisata pada umumnya. Bukan tak lazim. Tak istimewa. Namun sangat relevan dengan pengalaman banyak orang termasuk Anda dan kami. 

Pemain    : Tarra Budiman, Ringgo Agus Rahman, Ayushita, Tanta Ginting, Annisa Pagih
Produser    : Raam Punjabi 
Sutradara    : Naya Anindita
Penulis        : Isman HS, Nicholas Raven
Produksi    : MVP Pictures
Durasi        : 1 jam 34 menit


(wyn / gur)