Kunyit, Superfood yang Mudah Ditanam Sendiri

Carisya Nuramadea | 22 Februari 2017 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Peneliti asing telah mengakui bahwa kunyit adalah rempah-rempah super. Banyak ahli percaya bahwa kunyit dapat memiliki lebih dari 600 manfaat potensial bagi pengobatan dan pencegahan penyakit. 

Aktivitas Padat? Jaga Kesehatan dengan Cara Sederhana Berikut Ini

Kunyit dengan zat curcumin yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada kunyit diketahui dapat menyaingi kelas antibiotik ibuprofen, seperti dilansir Homehealthsolution.

Jika Anda ingin menikmati segudang manfaat kunyit setiap harinya namun merasa harganya cukup mahal, mengapa tidak menanamnya sendiri?

Mirip dengan jahe, kunyit tumbuh dari rimpang akar (rhizoma). Jadi semua yang Anda butuhkan adalah kunyit segar yang dapat Anda temukan di pasar tradisional maupun supermarket, kemudian potong rimpangnya menjadi beberapa potong rimpang kecil yang memiliki dua atau tiga tunas, kemudian tanam dengan jarak sekitar 5 cm dari permukaan tanah dengan tunas menghadap ke atas. Jika Anda tidak memiliki halaman, Anda bisa menggunakan pot!

Kunyit suka air. Anda perlu menjaga tanah tetap lembab dengan menyiramnya. Tetapi Anda tidak butuh perawatan yang intensif untuk tanaman satu ini dan Anda dapat memanennya pada usia 8 sampai 10 bulan.

Galilah rimpang dan simpan beberapa potong yang sudah bertunas untuk ditanam musim berikutnya. Pastikan untuk mengganti tanah, karena kemungkinan nutrisinya telah habis.

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait