Treadmill Test, Salah Satu Cara Mencegah Hipertensi

Yuriantin | 23 Februari 2017 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika tidak diatasi, hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu risiko penyakit lain. Seperti penyakit kardiovaskular, ginjal, stroke yang akhirnya kembali meningkatkan risiko lain yaitu demensia. 

Sebagai langkah pencegahan, pakar hipertensi, dokter Arieska Ann Soenarta mengingatkan untuk membatasi konsumsi garam, sekalipun mengonsumsi garam yang rendah sodium. 

"Boleh konsumsi garam rendah sodium, tapi jangan sampai jadi berlebihan juga," katanya dalam sebuah konferensi pers kesehatan, Kamis (23/2), di Jakarta. Karena menurutnya, rasa garam substitusi yang berbeda bisa mendorong seseorang justru mengonsumsi lebih banyak. 

Tidak hanya asupan garam, asupan lemak jenuh juga harus dibatasi, dari makanan bersantan misalnya. Olahraga juga disarankan untuk mencegah hipertensi.

Usahakan untuk melakukan pemeriksaan treadmill test sebelum berolahraga terutama untuk mereka yang berusia 40 tahun. Tujuannya, imbuh dokter Arieska, yaitu untuk mengetahui kondisi tekanan darah ketika berolahraga. "Sekalian untuk memantau kondisi jantung," pungkasnya. 

 

(yuri/wida)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait