Menurut Bill Gates, Inilah 3 Sektor Pekerjaan Paling Menjanjikan Saat Ini

Rizki Adis Abeba | 25 Februari 2017 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bill Gates (61) sering disebut sebagai mahasiswa dropout Universitas Harvard, AS, paling sukses. Dia meninggalkan salah satu kampus paling bergengsi di dunia itu pada 1975 tanpa ijazah, namun kejeliannya melihat peluang menjadikannya orang terkaya di dunia.

Melalui perusahaan peranti lunak Microsoft yang dirintisnya bersama Paul Allen, ia berhasil mengubah dunia. Namun apa jadinya jika Gates dropout kuliah pada zaman sekarang?

Menengok ke belakang, Gates mengatakan dia hanya beruntung. Waktu itu, dunia membutuhkan perubahan teknologi komputer. Minat besarnya terhadap komputer sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga ia muncul sebagai pembawa perubahan itu.

“Jadi obsesi saya, hobi saya, kebetulan sesuai (dengan kebutuhan). Saya tidak pernah merasa itu berisiko,” katanya.

Namun lain ceritanya jika itu terjadi di masa kini.

Saat menjadi dosen tamu di Universitas Columbia, AS, pada 27 Januari lalu, Gates mengatakan jika ia dropout kuliah sekarang, sangat kecil kemungkinan ia memilih industri komputer apalagi mengembangkan perusahaan peranti lunak.

Menurutnya, inilah tiga bidang pekerjaan paling menjanjikan saat ini, yang mungkin akan jadi pilihannya.

Artificial intelligence

Jika saat ini ia menekuni bidang ilmu komputer, Gates mengatakan wilayah yang menarik perhatiannya karena prospeknya cerah adalah Artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Artificial intelligence atau AI adalah kemampuan komputer untuk berpikir seperti manusia bahkan melebihi kemampuan manusia. AI biasanya berbentuk peranti lunak dengan kemampuan berpikir layaknya manusia dengan tujuan memudahkan pekerjaan atau memecahkan masalah dengan lebih efisien. Contoh aplikasi AI yang mulai banyak digunakan masyarakat antara lain aplikasi OK Google di ponsel Android atau Siri di iPhone. 

Saat ini para ilmuwan terus mengembangkan AI dan bukan tidak mungkin jika beberapa dekade ke depan robot-robot dengan teknologi AI canggih akan menjadi bagian dari kehidupan manusia. “Kemampuan agen artifisial untuk membaca dan memahami materi akan sangat fenomenal,” prediksi pria kelahiran 28 Oktober 1955. “Semua yang berhubungan dengannya akan menjadi karier yang menarik.”

Sektor energi

Kebutuhan masyarakat dunia akan sumber energi tidak akan surut. Menurut Gates, saat ini terdapat permintaan besar dan terus berkembang terhadap sumber energi murah, bersih, dan dapat diandalkan. Di sisi lain ia melihat saat ini belum ada sistem penyedia energi yang memenuhi kriteria itu. Ini sebabnya sektor energi adalah area yang penuh peluang bagi orang-orang inovatif. “Inovasi di bidang energi akan ditemukan. Dan banyak jalan yang bisa ditempuh untuk sampai di sana,” ungkap Gates.

Bioteknologi

Gates juga berpikir ini waktu yang tepat untuk pengembangan bidang bioteknologi. Ia mengatakan bahwa perkembangan ilmu biologi saat ini “bergerak lebih cepat daripada sebelumnya.” Kebutuhan akan inovasi cerdas di bidang bioteknologi semakin tinggi, misalnya untuk memerangi obesitas, kanker, dan depresi. Pengembangan bioteknologi yang menurutnya paling menjanjikan saat ini adalah vaksinasi DNA, yaitu penyuntikan vaksin berisi DNA yang telah melalui proses rekayasa genetika, sehingga sel-sel tubuh otomatis memproduksi antigen dan menghasilkan respons protektif pada sisem kekebalan tubuh. Gates optimistis, bioteknologi sangat prospektif bagi dunia kesehatan. Dia yakin, anggaran untuk vaksin tidak akan banyak terpengaruh oleh perubahan struktur pemerintahan AS saat ini.

 

(riz/gur)

 

 

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait