Wardah Gelontorkan Rp 500 Juta untuk Mendukung Pencegahan Kanker

TEMPO | 28 Februari 2017 | 01:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wardah menggelontorkan dana Rp 500 juta untuk mendukung program Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dalam mensosialisasikan pencegahan kanker serviks.

Komisaris Wardah, Nurhayati Subakat, berharap dukungannya bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama wanita, terhadap penyakit kanker.

"Target kami menekan angka penderita kanker melalui pencegahan," kata Nurhayati di Citywalk Sudirman, Jakarta, Minggu 26 Februari 2017.

Pencegahan yang diberikan berupa deteksi dini ke beberapa daerah di Indonesia. Nurhayati mengatakan deteksi dini bisa memperkecil resiko kematian. Selain itu, biaya yang dikeluarkan tak akan terlalu besar jika dibandingkan dengan pengobatan kanker stadium akhir.

Nurhayati prihatin dengan besarnya angka kematian akibat kanker. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada 2014, kanker telah menyebabkan 92.200 wanita Indonesia meninggal. Kematian terbanyak disebabkan oleh kanker payudara dan serviks. WHO memprediksi peningkatan angka kematian hingga tujuh kali lipat pada 2030.

Dukungan Wardah terhadap program YKI ini merupakan yang kedua kalinya. Selain sosialisasi, Wardah juga berkontribusi terhadap program pencegahan kanker lainnya seperti penyuluhan tentang penyakit kanker dan pembangunan rumah singgah untuk penderita kanker stadium terminal.

Ada pula pelayanan deteksi dini kanker serviks melalui pap smear atau Inspeksi Vidual dengan Asam Asetat (IVA), serta deteksi dini kanker payudara melalui Clinical Breast Examination.

Ketua Umum YKI Aru Wisaksono Sudoyo, mengatakan lembaganya ingin meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker.

"Dengan adanya kontribusi pihak lain seperti Wardah, kami berharap kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi kanker sejak dini akan meningkat," kata dia.

Selain pemeriksaan, Aru juga menyarankan masyarakat menerapkan gaya hidup sehat guna menutup potensi kanker.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait