Penyebab dan Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri

Agestia Jatilarasati | 20 Maret 2017 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Psikolog klinis dewasa Anna Margaretha Dauhan mengatakan jika seseorang telah memiliki kecenderungan bunuh diri maka kemungkinan ia akan mengalami tanda atau gejala depresi parah.

Bentuk dari depresi dapat berbagai macam seperti kehilangan semangat dalam melakukan sesuatu, membenci diri sendiri, merasa sedih yang berlebihan, pola tidur yang berantakan, atau gangguan nafsu makan. Jika depresi tidak segera ditanggulangi maka bukan tidak mungkin seseorang akan melakukan tindakan menyakiti diri sendiri atau bahkan bunuh diri.

Selain depresi ada tanda lain ketika seseorang berniat untuk mengakhiri hidupnya, yaitu jika seseorang mengalami perubahan tiba-tiba dari depresi menjadi lebih tenang dan bahagia.

“Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika seseorang yang sebelumnya mengalami depresi berat lalu berubah menjadi riang dan bahagia seketika. Rasa bahagia yang datang tiba-tiba bisa jadi karena orang tersebut sudah mengambil keputusan untuk bunuh diri,” jelas Anna. 

Jika Anda menemukan orang dengan ciri seperti itu, maka ajaklah untuk melakukan hal-hal yang dapat membuatnya bahagia seperti berelaksasi, olahraga, dan mendorongnya untuk menceritakan masalahnya kepada Anda.

“Bercerita tentang beban dan keluh kesah kepada orang terdekat dapat membantu mengurangi kepenatan dan emosi negatif yang dirasakan,” terang Anna seraya menambahkan, bila diperlukan carilah bantuan profesional seperti psikolog agar dapat memberi solusi yang dibutuhkan.

 

(ages/gur)

 

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait