Rumah Sempit? Jenis-Jenis Meja Makan ini Membuat Ruangan Terasa Lebih Luas

HOME LIVING | 23 Maret 2017 | 15:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memiliki rumah dengan ruang-ruang yang tidak terlalu luas memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, jika kita harus menggunakan aneka furnitur dengan ukuran yang besar, bisa-bisa akses keluar-masuk ruangan malah terhalang. Padahal di sisi lain, barang-barang tersebut sangat kita butuhkan.

Hal itu berlaku juga untuk penataan ruang makan. Anda tentu tidak ingin melihat meja makan di rumah tampak memenuhi ruangan sehingga tampak penuh dan sesak. Lalu, bagaimana cara agar meja makan bisa membuat rumah tampak luas?

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan meja makan lipat dan geser. Berikut 9 inspirasi model meja makan lipat dan geser agar ruang makan Anda terasa lebih lapang.


1. Meja Lipat Dinding

Meja makan jenis ini sangat praktis dan tidak membutuhkan banyak tempat karena bisa dilipat ke dinding. Dalam kondisi terlipat, meja tersebut bisa Anda jadikan sebagai hiasan dinding untuk memasang foto diri.

Meja makan ini hanya memiliki dua kaki di satu sisi, sementara sisi di seberangnya menempel pada dinding dengan pengait berupa engsel. Agar tidak jatuh saat dilipat, Anda perlu memberikannya pengait dinding.

Ketika Anda melipat meja tersebut ke atas hingga menempel ke dinding, sisi bawah meja makan akan beralih posisi, menghadap ke depan. Pada kesempatan itulah, Anda bisa menaruh foto atau gambar yang Anda sukai.

Saat akan menggunakannya sebagai meja makan, Anda hanya perlu melepas pengait, menurunkan meja, dan merelakan foto Anda tidak terlihat untuk sementara. Tapi tenang, selesai makan, foto Anda akan segera bertengger kembali di dinding.


2. Meja Lipat Sofa

Awalnya bersantai di atas sofa, selanjutnya makan-makan di tempat yang sama. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa kalau meja makan Anda adalah meja lipat sofa.

Meja makan ini berbentuk sebuah boks balok dengan 2 lipatan papan penutup boks. Untuk menjadikannya sofa, Anda hanya perlu membuka satu lipatan papan dan membuatnya tegak sebagai sandaran. Setelah itu, letakkan spons sofa di bagian sandaran dan dudukan boks.

Jika ingin menjadikannya meja makan, Anda hanya perlu merentangkan kedua lipatan boks sehingga membentuk meja, lalu menjadikan spons sofa sebagai alas duduk Anda di lantai. Tanpa perlu beranjak ke ruang lain, Anda tetap bisa menikmati makan bersama sebagaimana di ruang makan.


3. Meja Lipat Pintu Lemari

Secara umum, konsep penggunaan meja makan lipat ini agak mirip dengan meja lipat dinding. Perbedaannya, fungsi meja yang terlipat di sini adalah sebagai pintu lemari.

Sebagai contoh, Anda memiliki lemari yang cukup besar di dapur atau ruang makan. Nah, pintu lemari inilah yang bisa Anda jadikan sebagai meja makan. Kalau pada umumnya posisi engsel terletak di sisi samping pintu, kali ini Anda bisa mengubah posisinya ke bagian bawah.
Saat akan makan, Anda tinggal menurunkannya. Selesai makan, Anda hanya perlu melipatnya ke atas sehingga fungsinya kembali menjadi pintu lemari. 


4. Meja Lipat Geser

Jika dilihat secara sekilas, tidak ada yang istimewa dari meja ini. Tampilannya memang seperti meja-meja makan lain, berbentuk persegi panjang, dan bisa digunakan untuk 4 orang. Namun ternyata, di bagian bawah meja makan ini, ada lipatan yang bisa Anda geser dan rentangkan menjadi sebuah meja makan dengan ukuran yang lebih panjang.

Pertama, Anda hanya perlu menarik kedua ujung meja. Setelah ukuran meja memanjang, Anda akan menemukan 2 lipatan di bagian tengah meja. Anda hanya perlu merentangkan kedua lipatan tersebut sehingga menjadi sambungan yang menyatu dengan kedua ujung bagian meja yang terpisah tadi. Sebagai hasilnya, Anda akan mendapati sebuah meja makan panjang yang bisa digunakan sampai 10 orang.


5. Meja Lipat Lingkaran

Meja makan lipat jenis ini sangat praktis, bahkan Anda juga bisa membawanya untuk bepergian. Saat digunakan, meja ini berbentuk bundar dengan tiga kaki penyangga berbentuk U. Jika sudah selesai digunakan, Anda bisa melipat meja tersebut sehingga membentuk papan lipat sepertiga lingkaran dengan kaki yang terlipat, membentuk satu huruf U.


6. Meja Makan Lingkaran Geser
Meja makan bundar ini bisa berubah ukuran setelah digeser. Saat Anda cermati, terdapat 6 garis beraturan yang melintang di meja. Saat keenam sisi meja tersebut Anda tarik, meja akan bergeser perlahan, menampilkan 6 sisi baru di bawahnya, dan menyatu dengan 6 sisi sebelumnya sehingga menjadikannya meja makan dengan ukuran lebih luas. 


7. Meja Makan Sembunyi Kursi

Salah satu hal yang membuat meja makan membutuhkan banyak tempat adalah keberadaan kursi yang mengelilingi sisi meja. Supaya lebih praktis, Anda bisa memilih meja makan dengan ukuran kursi yang pas dengan sisi tepi dan bawah meja. Dengan begitu, ruang makan Anda akan cukup lapang karena furnitur yang ditempatkan hanya seukuran meja makan saja.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan meja makan sembunyi kursi. Meja makan unik ini memiliki bentuk lingkaran. Sementara itu, keempat kursi makan yang digunakan memiliki sandaran lengkung yang melingkar mengikuti bentuk sisi tepi meja dengan model alas duduk berbentuk segitiga. Setelah selesai digunakan, keempat kursi yang bersembunyi di bawah meja tidak akan tampak seperti kursi lagi, melainkan seperti meja makan dengan banyak kaki. 

8. Meja Geser Sembunyi
Apakah Anda senang makan bersama dengan cara berlesehan sebagaimana orang-orang Jepang? Meskipun cukup menghemat penggunaan tempat karena tidak memerlukan kursi makan, Anda tentu masih perlu menggunakan meja sejumlah orang yang hadir di ruang makan. Jika tidak, Anda perlu meja yang luas agar semua bisa makan bersama di satu meja.

Supaya lebih praktis, Anda bisa menggunakan meja geser sembunyi. Sekilas, meja tersebut hanyalah sebuah boks berbentuk kubus. Namun ternyata, boks tersebut menyembunyikan papan-papan datar yang bisa ditarik keluar dari keempat sisinya. Cara menariknya sama seperti saat Anda menarik laci dari lemari. Dengan demikian, Anda bersama ketiga tamu Anda bisa makan dalam satu meja.
Selesai makan, Anda hanya perlu menggesernya kembali ke dalam boks. Jika sudah tidak diperlukan, Anda bisa dengan mudah memindahkan boks yang cukup ringan tersebut ke tempat lain.


9. Meja Koper
Ingin berwisata ke luar kota, ke daerah pegunungan, atau tepi pantai, membakar ikan, lalu makan-makan bersama? Setelah itu, Anda membutuhkan meja, lalu bingung bagaimana cara membawanya. Jika benar demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada meja koper yang sangat praktis dan bisa Anda bawa ke mana saja.

Saat digunakan, meja unik ini mirip seperti meja-meja pada umumnya yang memiliki dua pasang kaki dari kerangka besi. Namun ketika sudah selesai menggunakannya, Anda bisa melipat meja tersebut, kemudian menekuk kedua pasang kakinya dan memasukkannya ke dalam lipatan meja. Sebagai hasilnya, meja dan kaki meja yang sudah terlipat rapi kini berubah menjadi sebuah koper yang memiliki tali pengait sehingga bisa Anda jinjing ke mana pun Anda pergi.

Ingin menempatkannya di ruang makan? Boleh juga. Kalau sudah selesai, langsung dilipat, jadi koper lagi. Praktis sekali bukan?

Nah, ternyata, banyak model meja makan yang bisa membuat ruang makan Anda menjadi tampak lebih luas. Saat tamu datang, tinggal geser-geser sebentar, sudah jadi meja makan. Ruang makan lapang, rumah semakin nyaman.

 

HOMELIVINGINDONESIA.COM

 

Penulis : HOME LIVING
Editor: HOME LIVING
Berita Terkait