Gawat! Sering Mengetik Di Komputer dan Ponsel Bisa Memicu Neuropati

Wayan Diananto | 27 Maret 2017 | 16:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di dalam tubuh kita ada tiga sistem saraf yang memegang peran penting. Yakni, sistem saraf sensorik, motorik, dan otonom.

Apa peran sistem saraf otonom? Konsultan Neurologis dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/ Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K) mengatakan sistem saraf otonom mengatur gerakan-gerakan yang tidak bisa kita kendalikan.

Dalam workshop “Bergerak Bersama #LawanNeuropati yang dihelat Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dan MERCK, Manfaluthy menjelaskan, “Gerakan usus meremas makanan, pernapasan, dan gerakan detak jantung itu contoh peran sistem saraf otonom.”

Sistem saraf membuat manusia bergerak dengan leluasa dan merasakan rangsangan dari lingkungan sekitar. Namun, ada kalanya sistem saraf mengalami gangguan. Salah satu gangguan itu adalah neuropati yakni kerusakan sel saraf tepi. Salah satu gejala awal neuropati adalah kesemutan. Rasa nyeri akibat kesemutan merupakan alarm dari dalam tubuh.

“Kesemutan itu peringatan keras bahwa telah terjadi gangguang sistem saraf. Anda diharapkan memperbaikinya. Apa yang kita rasakan mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi pada sistem saraf tepi. Dari kesemutan lalu berubah menjadi kram, selanjutnya mati rasa, kaku, kulit menjadi kering mengkilap karena saraf otonom yang mengatur pengeluaran kelenjar keringat dan minyak tidak berfungsi,” urai Manfaluthy di Jakarta, pekan ini.

Perbaikan sistem saraf, kata Manfaluthy membutuhkan waktu lama. Mengingat, kemampuan regenerasi saraf sangat lambat. Hanya 1 milimeter per hari. Artinya, pengobatan untuk kerusakan sistem saraf tepi tidak bisa seminggu dua minggu.

Hal lain yang patut diingat, neuropati disebabkan oleh banyak faktor. Manfaluthy menyebut setidaknya ada empat penyebab. Pertama, penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit manusia menjadi keriput, rambut beruban. Kekencangan otot mulai kendur. Begitu pula sistem saraf.

“Kedua, diabetes. Dampak komplikasi diabetes yang paling besar adalah terganggunya sistem saraf tepi. Ketiga, kekurangan vitamin B. Keempat, trauma akibat penjepitan saraf. Penjepitan saraf yang paling sering terjadi adalah di pergelangan tangan karena aktivitas mengetik berulang-ulang di komputer, laptop, atau gawai. Itu bisa memicu Neuropati, lo,” Manfaluthy memperingatkan.

(wyn/ray)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait