Penghargaan untuk 12 Perempuan Inspiratif

Romauli Gultom | 10 Mei 2017 | 14:37 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berawal dari keinginan bersama untuk berbagi ilmu pengetahuan sekaligus memberdayakan kaum perempuan di Indonesia, organisasi Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi (PPLIPI) akhirnya dibentuk pada 17 April 2016 lalu.

Menurut Ketua Umum PPLIPI, Indah Suryadharma Ali, organisasi ini terbentuk untuk menjawab tantangan yang dihadapi kaum perempuan Indonesia. Salah satunya melalui upaya pemberdayaan perempuan baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, pendidikan dan politik.

“Peran perempuan sangat penting untuk membangun negeri ini, karena itu kami tergerak untuk terus berbagi melalui berbagai program untuk pemberdayaan perempuan Indonesia,” kata Indah dalam jumpa pers Harlah Ke-1 PPLIPI di Jakarta, Senin (8/5).

Saat ini, lebih dari seribu perempuan bergabung dalam organisasi yang sudah memiliki beberapa cabang di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Bima, Jawa Barat, hingga Tasikmalaya. Mereka yang bergabung terdiri dari berbagai profesi, mulai dari pengusaha, politikus, pengacara, notaris, dan profesi lain.

Dalam kesempatan tersebut, PPLIPI juga meresmikan sejumlah kegiatan terkait program nasional sebagai upaya percepatan dan pencapaian tujuan organisasi.

"Untuk memberi akses peningkatan kualitas diri, kami juga Training Center pada hari ini. Seperti balai pelatihan bagi perempuan untuk belajar. Kalau sekolah kan waktunya cukup lama, jadi ini seperti kursus singkat," ungkap Donna Abdul Latief, Wakil Ketua Umum Kemitraan.

Dalam Training Center ini, lanjut dia, para perempuan dapat memilih empat kategori yang bisa mereka pelajari, yakni self empowerment, pengetahuan organisasi, bisnis di bidang IT, dan enterpreneurship.

Tujuannya, lanjut Donna, perempuan bisa mengembangkan keahlian mereka, dan memiliki pemikiran terbuka, sehingga terbentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik lagi.

Untuk perempuan yang ingin membuka usaha, PPLIPI juga menjalin kemitraan dengan BRI dalam menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang membantu untuk permodalan.

“Banyak perempuan yang berfikir sulit membuka usaha karena terbentur modal. Karena itu, kami membuka kesempatan dan peluang agar perempuan Indonesia lebih mandiri dan bisa membuka usaha,” tambah Maya Miranda Ambarsari selaku Sekjen PPLIPI, dalam kesempatan yang sama.

Untuk bisa terus menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia di luar sana, PPLIPI memberikan penghargaan untuk 12 Perempuan Inspiratif yang terbagi dalam tiga kategori. Yakni perempuan yang berkiprah pada bidang eksekutif, socialpreneur, dan internal.

Perempuan Inspiratif tersebut diantaranya ada Bupati Pandeglang Irna Narulita, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani, Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, Bupati Bima Indah Damayanti, Bupati Tenggarong Rita Widyasari Syaukari, Bupati Subang Imas Aryumningsih, Anggota DPR RI Okky Asokawati, Ketua IWAPI Nita Yudi, Ketua PKK Kota Bima dan Pemerhati UKM Yani Marlina, Ketua DPW PPLIPI Jakarta Inne Noor, Ketua DPW PPLIPI Kepulauan Riau Lenny Terek dan Ketua DPW PPLIPI Jawa Barat Vonny Queentina Hamid.

 

(uli/gur)

 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait