Saat Bulan Ramadhan, Ini Yang Paling Banyak Orang Cari di Google

TEMPO | 23 Mei 2017 | 20:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadhan bisa menjadi waktu yang menarik untuk mengamati kebiasaan orang Indonesia di internet, khususnya terkait perilaku belanja.

Dalam satu tahun, hanya di bulan ini pencarian yang berujung pada pembelian barang online memuncak. Google berbagi beberapa temuan menarik kepada awak media.

"Selama Ramadan, orang Indonesia tampaknya ingin menjadi orang yang lebih baik ya. Banyak orang mencari doa, informasi zakat, hingga tips tampak lebih cantik atau ganteng," ujar Henky Prihatna, Country Industry Head dari Google, dalam acara E-Commerce Insight 2017 di XXI Plaza Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Mei 2017.

Banyak informasi menarik yang dapat disimak dari rekap data internal Google tahun lalu terkait Ramadan. Di bulan tersebut, banyak pencarian yang memuncak dibandingkan bulan-bulan biasa. Terutama perihal belanja online yang pencariannya akan terus meninggi sampai Idul Fitri.

Berkaca pada data tersebut, tahun ini bagai barang mulai dari pakaian muslim, sepatu, hingga peralatan rumah tangga akan kembali banyak dicari.

Tahun 2016, selama bulan Ramadhan pencarian pakaian muslim melonjak 200 persen, alat rumah tangga 25 persen, dan sepatu 70 persen. Pencarian menurun jelang hari Idul Fitri.

Sebelum Ramadan, informasi kartu kredit marak ditelusuri. Tahun lalu, April dan Mei jadi bulan terbanyak pengajuan kartu kredit. Sedangkan pada minggu ketiga Ramadan, orang mulai mencari promosi kartu kredit dan cicilan dari bank.

Promo ponsel terbaru juga tercatat banyak ditelusuri. Dua minggu sebelum Ramadhan, menurut Henky, biasanya sudah akan ada sedikit lonjakan pencarian informasi harga dan promosi gawai-gawai termutakhir.

Merek-merek seperti Oppo, Samsung, Lenovo hingga Asus akan banyak diketik. Lonjakan ini akan memuncak di minggu ketiga Ramadan, tepat saat pekan pemberian tunjangan hari raya atau THR.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait