Mengapa Sarapan Penting untuk Anak?

adv | 24 Mei 2017 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meski terkesan sederhana, sarapan memiliki peranan penting dalam mendukung aktivitas anak. Serat dan gizi mikro seperti kalsium, besi, dan vitamin A yang bisa didapat dari sarapan berpengaruh bagi pertumbuhan dan daya konsentrasi anak.

Tetapi, masih banyak anak usia sekolah di Indonesia yang mengonsumsi sarapan dengan asupan energi kurang dari 15% dari kebutuhan hariannya. Padahal anak seusia ini sedang aktif-aktifnya sehingga membutuhkan asupan energi optimal dan bergizi.

“Setiap anak perlu membiasakan diri sarapan sehat dan bergizi yang mengandung berbagai gizi yang diperlukan tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral,” jelas Dr. Ulul Albab SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Selasa (23/3).

Dr. Ulul melanjutkan apabila anak melewatkan kebiasaan sarapan, tubuhnya akan kekurangan glukosa yang menjadi sumber energi utama bagi otak dan tubuh. Kekurangan glukosa dapat membuat anak merasa pusing, gemetar, lelah, dan sulit berkonsentrasi. Hal ini mengakibatkan semangat belajar dan kecepatan reaksi menurun, serta kesulitan menerima pelajaran dengan baik bahkan berpotensi menghambat pertumbuhan.

Menyadari pentingnya sarapan sehat bagi anak, IDI bekerja sama dengan Mayora Nutrition (Energen) menjalin kerja sama mengedukasikan sarapan sehat sebelum jam 9 dengan pesan kesehatan bertema “Sarapan sehat plus susu dan sereal untuk mencukupi kebutuhan kalori dan nutrisi aktivitas sehari-hari”. Pesan kesehatan ini akan disampaikan melalui program IDI “Baktiku Bagi Anak Indonesia – Dokter Kecil Award 2017” yang hadir di 33 provinsi Indonesia.

“Melalui produk Energen yang mengandung nutrisi tinggi, kami ingin menjawab permasalahan kekurangan asupan nutrisi yang masih banyak dialami oleh anak-anak Indonesia. Bersama IDI, kami ingin menciptakan generasi Indonesia yang cerdas, sehat, dan aktif,” kata Marketing Manager PT Mayora Nutrition (Energen) Noegroho Moeshartanto.

Energen merupakan minuman bernutrisi tinggi yang mengandung susu, sereal, telur, sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, Kalsium), dan mineral. Energen memadukan komponen cair dan padat yang memenuhi syarat komposisi sarapan sehat sehari-hari. Saat ini, Energen hadir dalam varian rasa cokelat, vanilla, jahe, kacang hijau, jagung, dan cokelat less sugar.

 

(adv/wida)

Penulis : adv
Editor: adv
Berita Terkait