TABLOIDBINTANG.COM -  Pada tahun 2008, Twitter memperkenalkan diri di Indonesia atau 2 tahun setelah berdiri.

Memasuki tahun 2009, Twitter perlahan-lahan menjadi media sosial yang wajib dimiliki kalau mau dibilang update dan gaul.

Sekitar 2010, Twitter berjaya layaknya Instagram zaman sekarang.

Baca juga

Di tahun 2017, masihkah Twitter terinstall di ponsel pintar Anda?

Sejumlah akun populer sempat merajai Twitter dalam negeri di tahun 2010, sebut saja akun @poconggg dan @radityadika. Duo content creator ini berhasil mencuci otak para kawula muda pengguna Twitter dengan jokes jomblo mereka.

Hasilnya? Jutaan pengikut berhasil diraup oleh kedua akun populer ini. Masa-masa dimana timeline Twitter dibanjiri balasan untuk tweets @poconggg dan @radityadika juga pasti pernah kalian alami. Atau jangan-jangan kalian adalah satu followers mereka yang rajin mengirimkan mention?

Meski hanya bermodalkan 140 karakter dalam satu kali tweet, @poconggg dan @radityadika sukses menjadikan Twitter sebagai media untuk berbagi informasi, jokes, hingga cuitan sesimpel 'laper, nih' atau 'brb ke wc'. Begitu masif perkembangan Twitter ini, sehingga circa 2010 Twitter menjadi media sosial yang paling digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Se-masif apa penggunaannya? Lihat saja Instagram saat ini, nah begitulah dulu saat Twitter masih memegang tahta.

Lalu apakah Twitter masih berjaya di tengah gempuran berbagai macam media sosial saat ini?

Meski kini Twitter jarang digunakan karena netizen lebih sering membuka media sosial yang lain, Twitter masih punya pengguna setia. Di Indonesia, pengguna Twitter saat ini bermacam-macam.

Ada yang bertahan di Twitter sejak media sosial itu menginvasi negeri ini, ada pengguna yang bergabung saat akun @poconggg dan @radityadika ramai dibahas di dunia nyata. Ada pula yang baru bergabung sekedar untuk mem-follow akun-akun berita. Yang jelas meskipun anak muda zaman sekarang lebih memilih ngepoin story teman-teman mereka, Twitter tidak bisa asal dikesampingkan keberadaannya begitu saja. 

Setuju atau tidak, Twitter-lah yang memulai kecenderungan para netizen untuk bermonolog ria dan curhat di media sosial sebelum Path dan Instagram jadi primadona. Tanpa peduli ada yang menanggapi atau tidak, pengguna Twitter akan tetap berkicau menceritakan kehidupan sehari-hari di dunia maya. 

Sayangnya, ketika media sosial lain berbondong-bondong merangsek ke negeri ini, Twitter mulai tersingkirkan dari singgasananya. Mengingat sifat orang Indonesia yang selalu ingin tahu dan mudah terseret arus, media sosial yang lebih populer itu pun berhasil mengambil hati netizen.

Twitter perlahan-lahan kehilangan pengguna aktif. Dimulai dari intensitas tweets yang berkurang, hanya sekedar me-retweet, sampai akhirnya benar-benar meninggalkan media sosial berlogo burung berwarna biru itu. .

Tapi apakah semua orang langsung melupakan Twitter begitu saja? Jawabannya ternyata tidak. Masih banyak akun yang aktif berkicau. Situs-situs berita membuat akun Twitter, para penulis buku aktif bersuara di Twitter, @poconggg dan @radityadika masih menghantui dengan kicauan jomblo, pemerintah membuat akun Twitter resmi kementerian dan badan negara lain, dan pengamat sosial masih aktif mengkritisi kebijakan lewat kicauan.

Beberapa dari kalian boleh saja berpikir, "hari gini masih main Twitter?", Tapi biarlah para pengguna setia Twitter menunjukkan hal-hal yang tidak didapat di media sosial lain. 

1. Twitter jokes

Layaknya gurauan yang hanya diketahui satu geng saja, twitter jokes pun demikian. Ada berbagai macam gurauan yang hanya ditemukan di Twitter. Kalaupun ditemukan di media sosial lain, besar kemungkinan gurauan tersebut sudah ramai ditertawakan di Twitter.

Jadi kalau kalian menemukan jokes dan berniat membaginya ke teman, usahakan jangan dibagikan ke teman yang masih aktif di Twitter. Karena jawaban dia sudah pasti "itu udah ramai di Twitter dari kemarin."

2. @AJplus, @Dodo, @ViceNews, hingga @yeahmahasiswa

Kalau di Instagram sering tertulis "no caption" di kolom caption, maka di poin ini juga tertulis "no further explanation", cukup follow akun di atas untuk bahan obrolan yang selangkah lebih maju.

3. Trending Topic

Kalau para pengguna Twitter mengatakan bahwa mereka lebih dulu tahu informasi dari yang lainnya, jangan langsung cap mereka sok tahu. Karena memang benar adanya kalau banyak informasi dan berita yang lebih dulu ramai di Twitter ketimbang media sosial lain.

Tidak percaya? Cukup klik tab Trending Topic dan rayakan bagaimana rasanya menjadi netizen yang tahu lebih dulu.

4. Lebih Update Hanya dengan Klik Link

Banyak sekali situs berita baik nasional dan internasional yang menghubungkan unggahan berita di situs mereka dengan Twitter. Jadi ketika sebuah berita diunggah, secara otomatis tautan berita tersebut muncul di Twitter.

Dengan kemudahan ini, tidak sulit untuk mengikuti perkembangan berita terkini. Follow saja akun Twitter situs-situs berita tersebut dan buka tautan berita jika tertarik. Tidak perlu repot-repot membuka situs lebih dulu untuk mencari berita yang kalian inginkan.

5. Thread

Kalau kalian termasuk pengguna Twitter aktif hingga sekarang, pasti tidak asing dengan istilah thread. Istilah ini merajuk pada tweets yang saling menyambung membentuk sebuah cerita. Biasanya thread digunakan saat orang-orang ingin bercerita panjang lebar namun dibatasi jumlah karakter. Siasatnya, sambungkan saja masing-masing tweet menjadi sebentuk cerita yang bersambung.

6. 1 Like 1 Fact

Ini yang akhir-akhir ini digandrungi pengguna Twitter. Fitur like pada Twitter berfungsi untuk menunjukkan bahwa kita menyukai tweets tersebut. 1 like 1 fact artinya apabila tweet tersebut mendapat 1 like, maka sang pemilik tweet memberikan satu fakta atau pengalaman. Contohnya 1 like 1 fact about my country, 1 like 1 horror experience, atau 1 like 1 Indonesia's best food.

Semakin banyak Likes yang didapat, semakin banyak pula fakta yang dibagikan. Permainan ini sepertinya tidak akan pudar termakan zaman. Karena, well, semua orang selalu ingin tahu, kan?

7. Intimate Circle

Hukum ini berlaku apabila kamu dan teman-teman Twittermu mengidolakan artis yang sama dan saling terhubung melalui tweets, contohnya boyband Korea. Di Twitter, update dan penyebaran berita terjadi sangat cepat.

Begitu juga update tentang artis favoritmu. Video klip boyband Korea kesukaanmu rilis? Sudah pasti timeline Twittermu akan ramai dan kamu akan merasakan kegembiraan fangirling bersama orang-orang dengan ketertarikan yang sama. Inilah yang disebut intimate circle di Twitter.

8. Last but not least, Trump's Twitter

Nah, berikut adalah alasan mengapa Twitter masih sangat disayang oleh para pengguna setianya. Jadi kalau ada yang bertanya apakah Twitter masih hidup, jawab saja dengan Twitter jokes atau Twitter meme.

 

TEEN.CO.ID

 

TAG