Memangkas Anggaran Pernikahan, Bisakah?

Wayan Diananto | 22 Juli 2017 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hal lain yang patut dipertimbangkan, menikah dengan adat daerah tertentu memiliki tahap-tahap yang mesti dilalui.

Jika ingin tetap menjalani tahap-tahap itu, sebenarnya dalam 30 hari masih bisa diupayakan.

“Syaratnya, ya itu tadi, idealisme dan impian harus dikompromikan,” tuturnya.

Ia menambahkan, makin matang persiapan, makin Anda punya waktu untuk mencari vendor yang pas.    

Dengan waktu persiapan yang ideal, Anda bisa menghemat 20 hingga 30 persen pada setiap pos pengeluaran.

Vendor biasanya memberikan promosi spesial karena mereka tahu persiapan Anda matang. Anda masih punya waktu untuk membandingkan vendor satu dengan lainnya. Mau tak mau setiap vendor mengeluarkan jurus untuk memikat Anda. Anda tinggal memilih penawaran terbaik. 

Kalau persiapan mepet, vendor berani jual mahal karena (dalam hal ini) Anda yang butuh. Senada dengan Diany, Reny Liza (41) dari wedding organizer Sanggar Liza menerangkan “Dalam kondisi semacam ini, saya sarankan memangkas beberapa pos pengeluaran. Pre-wedding, misalnya. Kalau ngotot harus pre-wedding lalukan di studio. Sejak awal, batasi jumlah undangan menjadi 500 atau 300 orang saja. Kuncinya, di setiap keputusan cek kembali dana yang tersedia. Jangan maksa.”

Tak hanya soal uang. Kedua calon pengantin mesti siap mental. Pernikahan mempertemukan dua keluarga dengan dua selera.

“Dengan waktu persiapan yang mepet, Anda fokus saja pada skala prioritas. Jangan semua usulan didengar dan ditindaklanjuti. Itu malah membuat Anda bingung dan makin tertekan. Jaga kesehatan karena ini akan menjadi hari besar Anda,” pungkas Reny.

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait