Panduan Menjadi Wirausaha Sukses yang Wajib Anda Baca!

Romauli Gultom | 1 Agustus 2017 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Geliat usaha ekonomi kreatif di Indonesia terus berkembang. Banyak kaum muda yang ingin mencoba berwirausaha dengan keahlian yang dimiliki.

Mendukung hal tersebut, Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) memberikan panduan melalui buku yang ditujukan untuk calon wirausaha yang ingin memulai dan mengembangkan usaha ekonomi kreatif.

Buku ini terdiri dari 9 judul yang disusun secara spesifik berdasarkan minat. Diantaranya buku panduan pendirian usaha kriya batik, fashion muslim, kuliner soto, game digital, dan pengembangan aplikasi digital.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Bekraf dan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang sudah sejak lama memberikan perhatian dalam pengembangan kewirausahaan.

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Joseph Pesik mengatakan, industry ekonomi kreatif nasional merupakan sektor yang sangat menjanjikan di masa depan.

“Namun, banyak pemula yang belum siap memasuki industri kreatif ini, karena itu perlu panduan dan kita dukung lewat buku panduan ini,” ujar Ricky Joseph Pesik dalam Peluncuran Buku Panduan Pendirian Usaha Bidang Ekonomi Kreatif di Jakarta, Senin (31/7).

Buku panduan ini dikemas secara lengkap dan sesederhana mungkin. Mulai dari peluang usaha, permodalan, manajemen produksi, dan SDM, keuangan dan pemasaran, hingga legalitas dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang diterjemahkan menjadi sebuah referensi yang mudah dimengerti dan bisa diterapkan siapa pun.

Munculnya pelaku wirausaha baru, lanjut dia, diharapkan dapat memberikan energi bagi pertumbuhan ekonomi, mulai dari terbukanya akses lapangan kerja baru, meningkatnya daya saing pasar dan tentunya memberi kesempatan bagi produk lokal untuk tumbuh.

Buku panduan ini tidak hanya disediakan dalam bentuk cetak, namun ada juga dalam format buku elektronik atau e-book. Dengan begitu, diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang bisa mengakses buku tersebut. Untuk format e-book, sudah dapat diakses melalui www.bekraf.go.id. Anda siap berwirausaha?

 

(uli / gur)

 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait