Hidangan Komplet Nusantara di Balakenam Dapoer Rakjat

Ika Nurhayati | 26 Juni 2017 | 00:05 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Makanan khas Makassar identik dengan sup konro dan coto makassar yang berbasis daging sapi. Balakenam Dapoer Rakjat, restoran khas Nusantara yang memperkaya khazanah wisata kuliner di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, menawarkan dua hidangan Makassar dengan basis boga laut, nasi goreng merah dan mie titi. Justru hidangan semacam ini diakrabi warga Makassar, mengingat posisi kota ini berbatasan dengan Selat Makassar yang menyimpan hasil boga laut berlimpah.

 

Dalam food testing di Balakenam Dapoer Rakjat yang letak persisnya di tepi jalan Jl. K.H. Abdullah Syafei No. 4 – sebelum Stasiun Tebet bila meluncur dari arah Casablanca – kami mencicipi nasi goreng merah dengan saus khas merah Makassar, seafood, dan telur ceplok, juga mie titi yang hadir dalam bentuk mi halus kering bulat dengan siraman saus berisi campuran seafood dan sayuran. Rasanya enak dan gurih. Enggak kalah, deh termasuk porsinya dengan hidangan Makassar yang lebih dulu populer.

Nasi goreng merah dan mie titi hanya dua jenis makanan dari sederet makanan khas Nusantara di Balakenam Dapoer Rakjat. Sejumlah 31 hidangan utama dan 17 camilan dengan beragam cita rasa mengisi menu untuk memenuhi selera semua. Rasa gurih dan manis diwakili hidangan khas Jawa Tengah seperti bistik jawa dan mie kuah jawa, rasa asam dan pedas datang dari asinan pengantin, rasa pedas banget dihadirkan nasi jambal rica dengan ikan jambal bakar dan sambal rica pedas. Ingin makan kenyang, ada nasi kuning tumpeng mini yang diiringi lauk ayam goreng, telur cabai, terik tempe, dan perkedel kentang.

Hidangan favorit kami dalam acara yang kami hadiri atas undangan Zomato, direktori tempat makan yang jangkauannya di Indonesia sudah mencakup Jabodetabek, Bandung, dan Bali, plus 24 negara di dunia, adalah bistik jawa. Terdiri dari 4 potong daging empuk dan sayuran rebus segar, disiram kuah manis dan bertabur keripik kentang renyah, porsinya mengenyangkan.

Kekhasan Nusantara sudah terbaca dari nama restoran ini. “Nama restoran kami ini Indonesia banget. Bicara tentang balak enam, ingat pada (permainan rakyat) gaple,” ucap Sherlyn, Manajer Balakenam Dapoer Rakjat. “Tapi nama Balakenam sendiri diambil dari burung murai balak enam, yang berarti keberuntungan,” sambung dia. 

Selain memperkenalkan hidangan khas Balakenam Dapoer Rakjat, Sherly merekomendasikan minuman kopi sebagai pendamping makanan. “Kopi kami 100 persen arabika. Biji kopinya berkualitas bagus,” dia berpromosi. Untuk yang tidak suka atau tidak bisa minum kopi, ada es milo beruang yang manis, aneka teh, jus segar, sampai minuman jamu tradisional yang meliputi kunyit asam, beras kencur, dan gula asam. 

Balakenam Dapoer Rakjat yang baru meluncurkan grand opening pada 16 Mei 2017 ini tidak hanya ideal buat makan beramai-ramai dalam acara khusus termasuk halalbihalal. Namun juga tempat yang nyaman untuk meeting karena ada areanya yang dapat diset privat. 

(ika/ika)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait