TABLOIDBINTANG.COM -

Lupakan semarak dan keramaian Kuta untuk liburan kali ini. Alihkan tujuan Anda ke Daerah Bali Barat yang menampilkan wajah lain dari Pulau Dewata. Di sini terdapat Taman Nasional Bali Barat yang merupakan kawasan pelestarian alam di pulau Bali.

Keadaan alam berupa tumbuhan dan satwa langka yang liar menjadi “fasilitas” yang tidak didapat di tempat lain di Bali. Sebuah kemewahan yang akan menjadi pengalaman berharga di musim liburan kali ini. 

Dok. Homelivingindonesia.com
zoom

Perjalanan menuju Kawasan Taman Nasional Bali Barat cukup panjang. Dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan berkendara dari Bandara Ngurah Rai Denpasar. Jalur menanjak, menurun dan berkelok-kelok saat melintasi daerah pegunungan, berakhir saat memasuki jalur Singaraja-Seririt-Gilimanuk di pesisir Utara.

Di jalan ini kita bisa menjumpai beberapa Pura yang cukup besar. Salah satunya adalah Pura Agung Pulaki yang pintu masuknya tepat di tepi jalan di bibir pantai. Pura ini ditandai dengan patung Hanuman di gerbangnya. Sesuai dengan patungnya, banyak monyet berkeliaran di sekitar Pura ini. Walau terkadang jahil, tingkah laku monyet-monyet ini bisa membuat kita terhibur. 

Dok. Homelivingindonesia.com
zoom

Memasuki Taman Nasional Bali Barat ibarat masuk ke dalam hutan yang belum terjamah. Supaya bisa mengeksplor kawasan ini lebih maksimal, sebaiknya kita memilih resort yang berada di dalam area taman nasional. Salah satu resort yang berada di kawasan ini adalah NusaBay Menjangan. Untuk mencapai resort ini kita harus menyeberang menggunakan perahu motor dari dermaga Labuhan Lalang selama 20 menit.

Dok. Homelivingindonesia.com
zoom

Setibanya di NusaBay Menjangan, Anda akan merasakan menjadi bagian dari hutan yang masih terlindungi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Bali Barat adalah pada musim panas, yang pada tahun ini diperkirakan datang lebih awal.

Di musim panas gelombang laut cenderung lebih tenang dan satwa-satwa liar di hutan lebih sering turun untuk mencari air. Itu artinya kita akan lebih sering menjumpai kawanan satwa liar ini tanpa harus masuk terlalu dalam ke hutan. Satwa yang paling sering ditemui di sini adalah menjangan, sesuai dengan nama pulau yang ada di kawasan taman nasional ini, Pulau Menjangan.

Pulau ini berada sangat dekat dengan daratan taman nasional yang berada di pulau Bali. Saat air laut surut, para menjangan biasa menyeberang ke atau dari Pulau Menjangan. Sungguh beruntung bila Anda bila melihat pemandangan tersebut.

 

HOMELIVINGINDONESIA.COM