TABLOIDBINTANG.COM -  Di Taman Nasional Bali Barat, Bali, beberapa satwa yang biasa terlihat di area ini adalah babi hutan, biawak dan monyet hitam. Berbeda dengan monyet yang kita temui di Pura sebelumnya, monyet Hitam cenderung lebih pemalu. 

Mereka bisa kabur kalau kita terlalu dekat. Karena kita menetap di hotel di dalam kawasan hutan, maka sangat wajar bila penghuni hutan berkeliaran di rumah mereka sendiri.

Rombongan babi hutan tidak jarang terlihat di pantai atau sesekali lewat di tepi kolam renang. Sekelompok menjangan juga tidak malu-malu menampakkan diri sambil mencari daun-daun dan rumput segar di sekitar tempat kita berada. 

Baca juga

Pagi hari adalah waktu yang istimewa. Paduan suara berbagai jenis burung seolah menyemangati kita menyambut hari baru. Sungguh sebuah kemewahan dari alam yang bisa kita nikmati sambil sarapan dan memandang matahari terbit di ufuk Timur. 

Menjelang siang barulah kita bersiap untuk menyusuri area Taman Nasional Bali Barat. Bersepeda adalah salah satu cara menyenangkan untuk menembus ke dalam hutan. 

Karena ini adalah taman nasional yang dijaga kelestariannya, maka kita tidak bisa sembarangan masuk dan menjelajah sendirian. Kita harus ditemani polisi hutan atau pemandu dari pihak resort. Semakin ke dalam, semakin besar kemungkinan kita bertemu satwa-satwa lain seperti menjangan jantan yang memiliki tanduk besar. 

Jangan kaget bila tiba-tiba biawak berukuran sebesar komodo melintas di jalur trekking yang kita lalui. Yang perlu diingat adalah hutan ini adalah rumah mereka. Mereka bebas bergerak kemanapun mereka suka. Maka kita sebagai tamu yang harus menghormati keberadaan mereka.

Dok. Homelivingindonesia.com
zoom

Pulau Menjangan memiliki lebih dari tujuh titik penyelaman yang menawarkan keindahan alami bawah laut. Para wisatawan biasa berangkat ke Pulau Menjangan sebelum pukul 10 pagi supaya mereka memiliki banyak waktu di dalam laut. 

Perjalanan 30 menit dengan perahu motor tidak terasa bila mengingat apa yang menanti kita di bawah sana. 

Keadaan bawah laut di sekeliling Pulau Menjangan sangat luar biasa. Tebing-tebing bawah laut dipenuhi terumbu karang hidup yang bergerak melambai mengikuti arus air. 

Dok. Homelivingindonesia.com
zoom

Ratusan jenis ikan silih berganti berdatangan dan singgah mencari makan. Ibarat keramaian pasar di pagi hari, semua tampak sibuk dengan urusan masing-masing atau sekadar bermain di karang. Kegiatan snorkeling bisa langsung berubah menjadi diving saat dirayu oleh keindahan taman bawah laut di sini.

Tebing yang menghunjam hingga kedalaman 60 meter sama sekali tidak memunculkan rasa takut. Justru keinginan dan rasa penasaran untuk melihat apalagi yang ada di bawah sana. 

Pada saat tertentu di musim panas, Whale Shark yang berukuran sangat besar pernah melintas di sekitar teluk ini. Begitupun dengan ikan Pari Manta yang berenang dengan anggunnya di samping kapal wisatawan yang menuju ke Pulau Menjangan.

Kelestarian alam yang terjaga telah menjadikan kawasan Bali Barat sebagai tujuan wisata yang berbeda di Pulau Dewata. Kemewahan yang Anda dapatkan disini bukan berasal dari karya manusia, tapi langsung dari Alam. 

 

HOMELIVINGINDONESIA.COM