TABLOIDBINTANG.COM -  Bali memang memiliki pesona alam yang sangat menawan. Bahkan, banyak turis mancanegara yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia demi menjejakkan kaki di Pulau Bali. Terlebih kita sebagai Warga Negara Indonesia, rasanya lucu sekali jika belum pernah sama sekali berkunjung ke Pulau Dewata yang sudah tersohor ini.

Berwisata ke Bali sebenarnya tidak semahal dan serumit yang dibayangkan. Berikut beberapa tips wisata ke Bali bagi pemula agar liburanmu hemat dan berkesan:

Siapkan Dana Wisata

Untuk melakukan perjalanan wisata, tentu Anda membutuhkan dana. Agar tidak terasa berat mengeluarkan dana untuk berwisata, Anda bisa menabung sedikit demi sedikit setiap bulannya. Sisihkan sebagian gaji tiap bulan, lalu masukkan ke dalam rekening khusus. Di penghujung tahun, Anda sudah memiliki cukup banyak uang untuk liburan.

Pesan Tiket Sejak Jauh Hari Sebelum Keberangkatan

Jika Anda ingin berhemat, sebaiknya Anda memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dengan memesan tiket pesawat lebih awal, Anda bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah dibandingkan ketika membelinya mendekati hari keberangkatan.

Hindari Musim Liburan

Bagi Anda yang tidak ingin terkena macet atau hiruk pikuk di lokasi wisata saat berada di Bali, Anda bisa memilih berwisata di luar musim liburan. Menghindari musim liburan dapat memberikan beberapa keuntungan selain terhindar dari kemacetan, yaitu semua harga penginapan dan akomodasi jauh lebih murah dibanding saat musim libur tiba.

Pesan Hotel yang Murah dan Nyaman

Ada banyak hotel yang menawarkan harga murah di Bali. Anda bisa memilih salah satunya untuk menghemat dana. Namun, saat memilih, perhatikan juga kenyamanan dan kualitas layanan yang disediakan.

Salah satu hotel murah di Bali yang memiliki jaminan kualitas layanan prima adalah Airy Rooms. Di hotel ini, setiap pengunjung akan mendapatkan kamar hotel yang bersih, nyaman, dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, TV layar datar, dan perlengkapan mandi. Untuk menambah kenyamanan, Airy Rooms juga menyediakan wifi gratis dan air mineral secara cuma-cuma kepada semua tamu hotel.

Kamar Airy Rooms yang nyaman (PR)
zoom

Sebaiknya Anda memesan hotel jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang lebih murah. Beruntungnya, saat ini pemesanan hotel secara online sudah sangat mudah, seperti Airy Rooms yang menyediakan fitur booking online di website dan aplikasi android/iOS.

Sewa Sepeda Motor

Jika Anda hendak berlibur Bali, sebaiknya Anda menyewa sepeda motor sebagai alat transportasi selama berada di sana. Menyewa sepeda motor dapat memberikan banyak keuntungan. Selain hemat, juga membantumu menjelajahi keindahan Pulau Bali tanpa khawatir terkena macet. Harga sewa motor di Bali juga cukup murah, berkisar Rp50.000 saja per harinya.

Berkunjung ke Lokasi Wisata yang Anti-mainstream

Bali memiliki banyak lokasi wisata yang menarik, cobalah memilih tujuan wisata yang anti-mainstream atau tidak biasa. Ada banyak destinasi wisata yang tidak terlalu populer, tetapi menawarkan keindahan alam yang cukup memukau, seperti Pantai Balangan, Pantai Virgin, dan Pantai Dreamland.

Beli Suvenir di Pasar Sukowati

Liburan rasanya kurang maksimal jika belum membawa oleh-oleh untuk kerabat dan rekan. Untuk mendapatkan suvenir cantik dengan harga miring, Anda bisa membelinya di Pasar Sukowati. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam baju, kerajinan tangan, dan lukisan khas Pulau Dewata.

Demikian tips berlibur ke Bali agar liburanmu tetap hemat dan berkesan. Selamat merencanakan liburan, Kawan.

 

(adv/wida)