TABLOIDBINTANG.COM -  Kota Bandung dan sekitarnya memang dikenal sebagai kota wisata nan elok dikelilingi perbukitan.

Oleh karenanya wisata alamnya sangat berbeda, bila dibandingkan wilayah lain di Pulau Jawa.

Bahkan Anda bisa berwisata melihat pemandangan alam dari ketinggian tanpa perlu mendaki gunung.

Sobat Traveler, Anda bisa mengunjungi Stone Garden, sebuah kawasan gunung batu kapur yang berlokasi di puncak gunung Pawon, desa gunung Masigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Dari Padalarang, Stone Garden ini berjarak kira-kira 5 km dan bisa diakses melalui kendaraan pribadi, umum, atau sepeda motor.

Anda hanya akan dikenai biaya distribusi jalan sebesar Rp 10 ribu dan tiket masuk Rp 5000 per orang.

Saat pertama datang, Anda bisa memarkir kendaraan di lokasi yang sudah disediakan. Lalu berjalan kaki sebentar mendaki melalui tangga batu. Di sebelah kanan kiri tangga, terdapat warung berjualan kelapa muda menghijau. 

Hamparan batu yang artistik membuat Anda langsung terpukau dan merasa seolah tidak sedang berada di Bandung, apalagi di Padalarang.

Hamparan batu-batu besar nan eksotis ini bukan terhampar begitu saja, di atas bukit, namun seolah tersusun seperti membentuk formasi.

Menurut sejarahnya, bebatuan besar di Stone Garden tersebut terbentuk secara alamiah, berkat adanya danau luas yang pernah menenggelamkan Kota Bandung di zaman purba.

Sementara di sekitar Stone Garden, terdapat lembah dangkal yang mungkin saja menjadi bagian danau zaman purba dahulu. Air danau kemudian surut dan menghilang, menyisakan cekungan yang saat ini dikenal sebagai kota Bandung.

Saat pertama kali Anda berkunjung, yang paling menarik Anda akan mendapati bukit dipenuhi dengan susunan batu yang benar-benar menjulang rapi dengan artistik.

Kebanyakan pengunjung yang datang bertujuan untuk menikmati sensasi indahnya panorama batu kapur yang begitu eksotis. Anda bebas bila ingin berfoto selfie, karena tidak ada durasi jam kunjungan. Area ini juga sering digunakan secara khusus sebagai lokasi foto prewedding, serta wisata sejarah dan budaya.

Anda akan takjub saat disuguhi sebuat bukit yang nyata sebagai bukti sejarah, adanya berbagai fosil binatang berupa koral. Batu koral ini menjadi bukti bahwa lokasi dataran tinggi Stone Garden ini dulunya merupakan kawasan laut dangkal.

Setelah melalui proses yang begitu lama, kawasan ini pun berubah menjadi bebatuan. Batu koral yang dahulu hidup, kemudian mati dan membentuk batuan gamping.

Dari ketinggian Stone Garden Padalarang sekitar 709 meter di atas permukaan laut dan seluas 2 hektar ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang terhampar luas begitu eksotis sejauh mata memandang.

Di sekitar bukit tempat Anda berdiri pun tak kalah indahnya. Hamparan pemandangan bukit kapur yang berwarna putih kecoklatan, tampak kontras dengan hijaunya pepohonan dan rerumputan liar. 

Eksotisme dari batu-batuan gamping yang bentuknya tak beraturan berdiri secara alami di seluruh permukaan bukit. Sementara rumput beserta tumbuhan liar terlihat alami menutupi hampir seluruh kawasan Stone Garden Padalarang ini.

Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa menikmati sinar matahari pagi atau sore dari bukit ini. Langit menjadi berwarna biru dengan awan putihnya, berarak mengelilingi bukit kapur. Ditambah pemandangan hamparan pepohonan yang menghijau dan batu kapur coklat ini, menjadi tempat yang bagus untuk Anda berfoto dan membuat dokumentasi.

Nah bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Stone Garden ini dan menikmati pemandangan eksotis bak di luar negeri? Anda bisa segera booking hotel di Bandung melalui Airy Rooms sebagai tempat beristirahat.

zoom

Fasilitas yang diberikan lengkap mulai kamar ber-AC dengan tempat tidur yang bersih, perlengkapan mandi, air panas, hingga air minum gratis. Untuk sarana hiburan Anda bisa menikmati TV layar datar serta WiFi gratis. Anda juga bisa booking dengan mudah melalui website resmi Airy Rooms serta aplikasi Android dan iOS.

 

(adv)