The Maze Runner: Ganteng-ganteng Terjebak di Labirin

Panditio Rayendra | 22 September 2014 | 17:35 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - MANA yang Anda pilih, bertahan di zona nyaman atau mengambil resiko mendapat sesuatu yang lebih baik?

Seorang remaja laki-laki (Dylan O'Brien) yang tak ingat identitasnya, terdampar di pusat sebuah labirin yang sangat besar. Tempat yang disebut The Glade itu dihuni sekelompok laki-laki. Alby (Aml Ameen), seorang senior di sana menjelaskan sudah lumrah warga baru tidak ingat identitas. Alby juga menerangkan, setiap bulan selalu datang seorang warga baru yang berjenis kelamin laki-laki bersamaan dengan kiriman bahan pangan entah dari mana.

Suatu hari, kepala remaja laki-laki ini terbentur dan langsung mengingat namanya; Thomas (eh, ini kok seperti adegan sinet... Enggak jadi, deh).

Singkat cerita, Thomas mulai berbaur dengan penghuni lain. Selain Alby, Thomas akur dengan Newt (Thomas Brodie-Sangster), Min Ho (Ki Hong Lee) dan Chuck (Blake Cooper). Namun ada pula yang tidak suka melihat kehadiran Thomas, Gally (Will Poulter).

Meski pendatang baru, Thomas dengan cepat belajar lingkungan tempat tinggalnya. Ini didorong rasa penasaran untuk lepas dari labirin. Monster penghuni labirin yang siap menghabisi nyawa siapapun yang menerobos, tak mengurungkan niatnya.

Situasi kian tak tertebak tatkala datang seorang warga baru yang berjenis kelamin wanita, Teresa (Kaya Scodelario). Thomas dan Teresa cepat akrab, apalagi keduanya kerap dihantui mimpi misterius.

Gally semakin tidak suka melihat sepak terjang Thomas. Dia merasa sudah hidup 'damai' dalam keterkungkungan selama bertahun-tahun. Sementara Thomas, ingin menemukan cara untuk keluar dari labirin agar bisa hidup bebas, dan membuat beberapa penduduk mendukung Thomas.
***
Sedikit banyak, The Maze Runner mengingatkan pada The Hunger Games-minus kostum/riasan glamor. Layaknya film tentang sekelompok remaja bertahan hidup, sutradara Wes Ball membangun ketegangan menit demi menit. The Maze Runner dengan penuh misteri sekaligus kejutan. Seru, membuat durasi 113 menit terasa singkat.

Bedanya dengan film teenage survival lain, nuansa romantis antara Thomas dan Teresa tidak mendominasi. Jadi, Anda tidak (belum?) akan menemukan bumbu-bumbu cinta seperti Peeta-Katniss-Gale atau Edward-Bella-Jacob. 

Omong-omong, enggak nyambung sih, pada beberapa angle sosok Scodelario mengingatkan pada Kristen Stewart. Atau hanya perasaan saya saja?

(ray/yb)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait