Waspadai Bahaya Kandungan Parfum pada Produk Kecantikan dan Rumah Tangga

aura.co.id | 2 Desember 2016 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Produk perawatan yang harum biasanya lebih digemari kaum hawa. Alasannya bau yang harum tersebut bisa menyegarkan tampilan dan meningkatkan mood.

Namun, bau harum tersebut perlu diwaspadai. Karena wangi tersebut bisa jadi merupakan campuran dari zat-zat kimia hingga 80% yang sebelumnya belum pernah diuji kepada manusia, seperti dikutip dari laman Fox News.

Setiap harinya, Anda menghirup dan kulit Anda menyerap berbagai macam zat kimia tersebut. Hal tersebut bisa menimbulkan reaksi dari tubuh, seperti sakit kepala/migrain, rasa lelah berlebihan, insomnia, napas yang pendek, mual, memicu kambuhnya asma, dan iritasi kulit.

Untuk langkah pencegahan, perhatikan komposisi dari berbagai produk perawatan dan kecantikan yang Anda beli, mulai dari parfum, lotion, sampo, deodoran, krim cukur, hingga hair spray.

Produk pembersih rumah seperti detergen, pengharum ruangan, sabun pencuci piring, bahkan lilin juga sebaiknya diwaspadai komposisinya. Di Amerika sendiri zat kimia tersebut dilabeli "Fragrance", sedangkan di Kanada dan Inggris dilabeli "Parfum".

Selain memperhatikan komposisi produk, Anda bisa melakukan pencegahan dengan membuka jendela untuk memastikan pertukaran udara lancar, menggunakan minyak esensial sebagai alternatif. Jika memungkinkan, buatlah makeup dan detergen yang tidak mengandung pengharum sama sekali.

 

AURA.CO.ID

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait