Wajib Coba! Berikut Inspirasi Masakan untuk Beragam Jenis Ikan

Administrator | 7 Desember 2016 | 11:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apakah Anda termasuk penyuka makanan ikan?

Hewan laut ini kerap menjadi pilihan utama berbagai resep makanan. Rasanya yang gurih dengan segudang khasiat membuat orang-orang lahap menyantap ikan.

Keunggulan ikan tidak hanya itu. Ikan terdiri dari berbagai jenis, dan masing-masing ikan hadir dengan rasa serta manfaat berbeda. Karena itu, banyak orang tidak pernah merasa bosan memakan sajian ikan. Apalagi setiap jenis ikan bisa dimasak sesuai kreasi Anda.

Meski bebas berkreasi, Anda perlu ingat jika tidak semua gaya masakan cocok dengan jenis ikan. Bagaimana memilih jenis masakan yang tepat untuk berbagai jenis ikan?

Berikut tips memilihnya.

1. Gurame

Ikan gurame memiliki badan padat sehingga tidak rentan dan cocok untuk dibakar. Anda bisa berkreasi dengan mencoba resep Ikan Gurame Bakar Manis ala Bango. Bakarlah ikan dengan olesan mentega dan kecap manis Bango hingga setengah matang. Setelah itu, Anda bisa memberikan bumbu dari bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sangrai yang sudah ditumis. Ikan tersebut bisa dibolak-balik lalu bakar sampai matang dan siap untuk disajikan.

2. Bawal

Ikan bawal memiliki daging kenyal dengan rasa gurih. Cara memasaknya juga cenderung lebih mudah dibandingkan ikan-ikan lainnya.

Untuk menu ikan yang tidak itu-itu saja, Anda bisa mengolah bawal dengan resep bacem. Cara memasaknya pun tidak beda jauh dengan bacem tahu atau tempe. Pertama, masukkan ikan bawal, air, dan bumbu bacem ke panci. Lalu masak dengan api sedang hingga airnya mengering. Setelah kering, angkat ikan lalu tiriskan. Kemudian Anda bisa membakar ikan di atas bara api hingga kecokelatan sambil diolesi dengan kecap manis Bango. Rasa manis yang menyesap ke dalam daging ikan akan terasa nikmat di mulut.

3. Bandeng

Ikan bandeng menawarkan rasa yang gurih dengan tekstur kuat ketika dimasak. Namun, memasak ikan bandeng perlu ketelitian karena ikan ini dikelilingi sejumlah duri halus.

Kalau biasanya bandeng dimasak di atas penggorengan dengan minya cukup banyak, kini Anda bisa membuatnya jadi menu spesial. Yakni semur ikan bandeng. Pertama-tama, lumurilah ikan bandeng dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit kemudian rebus bumbu halus di dalam air sampai mendidih. Ketika ikan bandeng disemur, Anda perlu merendamnya ke dalam larutan air beserta kecap manis Bango. Ini agar duri halus menjadi lunak dan tidak mengganggu saat dimakan. Selain itu, kehadiran kecap manis Bango bisa membuat rasa masakan semakin segar.


Itulah tips memilih masakan yang tepat untuk berbagai jenis ikan. Kini, Anda bisa bebas berkreasi!

Jangan lupa untuk memilih pelengkap yang tepat sehingga masakan semakin bertambah sedap, yaitu kecap manis Bango. Kualitas tinggi bahan-bahan dengan cita rasa Indonesia menjadi keunggulan kecap Bango. Anda tidak perlu khawatir soal makanan jika sudah menggunakan kecap Bango.

Ingin terus berkreasi? Silahkan lihat aneka pilihan resep makanan Indonesia di sini.

Penulis : Administrator
Editor: Administrator
Berita Terkait