Perankan Tokoh Kartini, Ini Pesan Hanung Bramantyo ke Dian Sastrowardoyo

Abdul Rahman Syaukani | 5 Mei 2015 | 02:26 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - WANITA yang akan membintangi film tentang kisah hidup dan perjuangan tokoh emansipasi wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini sudah jelas. Dia adalah Dian Sastrowardoyo.

Di hadapan awak media, Hanung Bramantyo, sebagai sutradara, mengakui bahwa pemilihan Dian Sastrowardoyo menjadi pemeran Kartini keluar dari konsep tentang sosok Kartini yang ada di benaknya. Atas sejumlah pertimbangan, akhirnya diputuskan bintang film Ada Apa dengan Cinta? itu yang dipilih.

"Saya mengingkari konsep saya sendiri sebetulnya. Kartini dalam bayangan saya muda, umur belasan tahun sampai 25 tahun," Hanung blak-blakan, di daerah Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (22/4).

Meski tidak terlalu sesuai dengan konsep Kartini dalam imajinasinya, Hanung berusaha menampilkan Dian Sastrowardoyo layaknya Kartini sungguhan.

Oleh karena itu, suami Zaskia Adya Mecca itupun menyampaikan beberapa saran pada Dian. Apa saja?

"Aku bilang ke dia, kamu harus kurus, bergaya Jawa, dan harus lincah kayak Trinil. Kartini itu meski orang Jawa tidak nunduk, makanya dia mendapat julukan (burung) Trinil," bilangnya.

Dalam proses penggarapan film ini, Hanung tidak memulainya dari data. Akan tetapi dia lebih menekankan pada pendekatan karakter (sosok) Kartini mulai dari kepribadiannya hingga kondisi lingkungan. Setelah itu, data dimasukkan ke dalamnya.

"Saya lebih menggunakan pendekatan psikologis dalam menggarap film ini," tandas Hanung.

(man/gur)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait