Komik dan Kartun Bisa Membuka Wawasan tentang Kesetaraan Gender

TEMPO | 28 November 2016 | 16:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam rangka 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, UN Women yang bekerja sama dengan Uni Eropa melakukan pameran komik dan kartun bertemakan kesetaraan gender.

Pameran yang akan berlangsung di The Warehouse, Plaza Indonesia mulai 25 November hingga 10 Desember ini menampilkan dua pulah karya terbaik dari kompetisi yang diikuti oleh 351 peserta.

Komik dan kartun yang ikut dalam kompetisi ini menggambarkan berbagai permasalahan kesetaraan gender di Indonesia, seperti diskriminasi gender di tempat kerja, dalam bidang pendidikan, kepemimpinan perempuan, stereotip gender dan norma sosial yang membatasi perempuan dan anak perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

"Kami ingin melihat bagaimana masyarakat Indonesia menggambarkan kesetaran gender tanpa menggunakan kata. Hasilnya, menunjukkan antusiasme yang besar dari masyarakat," ujar perwakilan UN Women Indonesia, Lily Puspasari dalam acara pembukaan pameran komik dan kartun untuk kesetaraan gender pada Jumat (25/11) di Jakarta.

Waktu pameran akan berakhir pada tanggal 10 Desember yang merupakan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia, kata Lily, karena ingin menyampaikan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan pelanggaran terhadap HAM.

Tidak hanya itu, landmark di beberapa kota di Indonesia juga akan dinyalakan dengan warna jingga.

"Warna jingga dipilih, karena menurut Sekretaris Jenderal PBB, merupakan simbol masa depan yang cerah untuk perempuan dan anak-anak. Warna tersebut juga merupakan warna semangat, warna masa depan, dan warna harapan," imbuhnya.

Monumen nasional (Monas), patung Dirgantara (patung pancoran), air mancur di depan balai kota Jakarta, patung Tugu Tani, patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, gedung sate di Bandung, dan candi Borobudur menjadi landmark yang akan dihias dengan warna oranye selama 16 hari, kecuali candi Borobudur yang hanya akan dihias dengan warna jingga pada 25 November.

Sepuluh perwakilan dari Duta Besar negara-negara Anggota Uni Eropa dalam kesempatan yang sama, juga menyampaikan komitmen mereka untuk mendukung kampanye HeForShe. Kampanye tersebut merupakan program dari UN Women yang mendorong para pria untuk terlibat menjadi agen perubahan dalam memperjuangkan kesetaraan gender.

Bertepatan dengan pameran, rangkaian kegiatan seperti talk show, seminar, workshop, pemutaran film yang mengangkat isu perempuan, akan diselenggarakan di tempat yang sama dan terbuka untuk umum.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait