Makanan Manis Menyebabkan Erosi Gigi pada Anak

aura.co.id | 21 Desember 2016 | 16:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Konsumsi gula berlebihan pada anak tidak hanya meningkatkan risiko obesitas, tapi juga meningkatkan risiko karies gigi dan erosi gigi (terkikisnya gigi akibat proses kimiawi zat asam).

Erosi pada gigi disebabkan oleh konsumsi jus buah, smoothies, minuman khusus untuk kegiatan berolahraga (sport beverages), dan minuman bersoda (termasuk yang tidak mengandung gula). Golongan buah citrus (jeruk, lemon, dan lainnya), yoghurt, dan madu ternyata juga bisa meningkatkan risiko erosi gigi.

Tingkat keasaman pada berbagai makanan manis tersebutlah yang memicu terjadinya erosi gigi. Agar kerusakan pada gigi tersebut tidak terjadi, cobalah untuk mengganti minuman manis yang rutin dikonsumsi anak setiap hari dengan air kelapa murni. Karena kandungan asamnya tergolong aman dan memiliki komposisi yang mirip dengan cairan tubuh.

Selain mengurangi atau mengganti makanan dan minuman si kecil, beberapa hal berikut bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya erosi pada gigi seperti dikutip dari laman Female First:

- Minumlah susu rendah lemak di sela-sela waktu makan.

- Batasi konsumsi jus buah hanya sehari sekali dan hindari minuman bersoda.

- Kumur dengan air selama 15-30 detik sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam.

- Konsumsi permen karet yang bebas gula atau sepotong keju setelah mengonsumsi makanan yang mengandung asam.

- Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung asam, tunggulah hingga satu jam barulah diperbolehkan menyikat gigi.

- Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan sikat gigi yang nyaman.

- Sama halnya dengan pasta gigi, pilihlah obat kumur (yang sesuai dengan umur anak) yang mengandung fluoride. Namun, hindari penggunaannya sesudah atau sebelum menyikat gigi. Gunakanlah sesudah atau sebelum mengonsumsi makanan yang mengandung asam.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait