Joy Tobing Menata Kariernya Kembali Pasca Prahara Rumah Tangga

Wayan Diananto | 9 Mei 2014 | 19:26 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TIDAK banyak yang tahu, bersamaan dengan ketuk palu hakim saat sidang cerai dengan Daniel Sinambela, Joy Tobing mencoba menata kembali kariernya.

Ia mengerjakan single demi single. Semenjak memenangi Indonesian Idol musim pertama sampai sekarang, Joy baru merilis album pop bertajuk Terima Kasih. Setelah itu, ia lebih rajin merilis album rohani dan album lagu daerah. Segmentasinya terbatas.

Padahal, orang selalu mengidentikkan Joy dengan hit "Karena Cinta" karya Glenn Fredly karena liriknya sederhana. Menyentuh. Lirik lagu itu dianggap "mengikuti" alur hidup Joy.

"Sebenarnya saya berupaya merilis album pop lagi. Tapi ada saja kendalanya. Saya nikah, lalu papa Joshua dipenjara (karena kasus penipuan). Saya tidak mungkin masuk ke studio rekaman dan meninggalkan suami serta anak dalam kondisi kacau-balau. Keluarga adalah prioritas," Joy beralasan.

Setelah bercerai, Joy memutuskan tidak mau kalah dengan keadaan. Tahun lalu, ia resmi  bergabung dengan Ancora Music. Sebagai salam perkenalan, Joy melepas single baru "Merpati Putih". Terdengar familier? Ya, "Merpati Putih" lagu lawas dari album legendaris Badai Pasti Berlalu. Dulu dinyanyikan almarhum Chrisye. Joy memilih lagu ini karena liriknya menyiratkan rasa optimistis.
 
Joy sengaja menjadikan lagu lawas senjata comeback. Proses pembelian lagu sampai rekaman hanya butuh waktu tiga bulan. Dimulai sejak Oktober 2013, ketika ia resmi menyandang status janda. Ketika menerima sampel CD dari Joy, Bintang mencermati sampul belakang untuk mengecek siapa saja yang terlibat di dapur rekaman. Alangkah kagetnya kami mendapati nama Gita Wirjawan sebagai pemain piano lagu "Merpati Putih". Ada hubungan apa antara Joy dan Gita?

"Aduh! Saya dan Pak Gita berteman baik. Saya mengenal beliau sejak 2011. Dimulai ketika SEA Games ke-26 di Palembang. Kala itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta saya menyanyikan lagu tema SEA Games, 'Together, We Can Rise'. Lagu itu diaransemen Pak Gita. Ketika Barack Obama datang ke Indonesia, saya juga membawakan lagu itu, termasuk di perhelatan KTT APEC di Bali, dan beberapa acara kenegaraan. Jadi ini tidak ada hubungannya dengan Pak Gita nyapres," terangnya.

Joy menampik isu dirinya anak emas Gita Wirjawan di Ancora Music. Atau, ada motif politik di balik perilisan single anyar. "Sebelum saya, dia juga memproduseri sejumlah penyanyi di antaranya Tompi dan SM*SH. Dia menjadi produser single saya sekaligus menjadi pemain piano. Ini kerja profesional," ujar Joy seraya mengakhiri perbincangan.

(wyn/ade)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait