Cerai Bukan Satu-satunya Jalan Keluar Jika Merasa Tak Cocok dengan Pasangan

aura.co.id | 2 November 2016 | 15:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selama pasangan tidak pakai narkoba, tidak melakukan kekerasan, dan tidak punya selingkuhan, dicocok-cocokkan saja. Ini kalimat bijak yang telah dikutip banyak orang dari seorang wanita inspiratif Tanah Air, Dewi Motik. Artinya, tidak ada pasangan yang benar-benar cocok secara otomatis.  

Hal senada dikatakan Anggia Chrisanti, konselor dan terapis di Biro Konsultasi Psikologi Westaria. Menurutnya, ketika ada pasangan, terutama suami-istri yang merasakan ketidakcocokan, solusinya bukan berarti pisah atau bercerai. Kalau ada banyak contoh kasus orang-orang yang memilih bercerai karena ada ketidakcocokan, maka seharusnya tidak seperti itu.

“Paling pertama yang harus dilakukan adalah mengenali dengan benar kepribadian dan karakter pasangan. Setelah itu, cari tahu cara menghadapi mereka dengan cara yang terbaik, sesuai kepribadian pasangan,” bilang Anggia dalam acara workshop Talents Mapping di Bogor. “Jadi yang dibutuhkan itu adalah kemampuan negosiasi yang lebih baik,” lanjutnya.

Dengan kemampuan negosiasi yang baik, seseorang akan mendapatkan apa yang diinginkan dan membuatnya bahagia, tanpa harus terlihat memaksa atau melukai perasaan pasangannya. Cara menyampaikan harapan dan keinginan yang salah inilah yang kemudian memicu pertengkaran dalam rumah tangga sehingga merasa tidak bahagia.

 

(wida/wida)

AURA.CO.ID

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait