Bom Panci Bandung, Detik-detik Setelah Meledak Muncul Asap Putih

TEMPO | 9 Juli 2017 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah seorang warga Kubang Beureum, Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Engkus Kusmana, 54 tahun, menuturkan, saat terjadi ledakan yang diduga berasal dari bom panci pada Sabtu sore, 8 Juli 2017, ia tengah bersantai di rumahnya yang hanya berjarak 3 rumah dari lokasi ledakan. Menurut Engkus, ledakan tersebut berdentum sekali.

Ia dan juga warga lain kemudian bergerak mendekati sumber ledakan. Setelah ditemukan lokasi sumber ledakan, kata dia, warga langsung mendobrak rumah kontrakan AG. "Sama warga yang lain, kami dobrak. Di dalam sudah banyak asap berwarna putih, baunya kayak bau kimia," ujar Engkus di lokasi kejadian, Jumat, 8 Juli 2017.

Kamar kontrakan AG pun berantakan. Di dalam kamar tersebut ditemukan sebuah penanak nasi elektronik yang sudah rusak. Selain itu, ada pula plastik keresek berisi paku, batu baterai, dan kapas.

"Magic com bawahnya sudah hancur. Di sampingnya ada bungkusan berisi paku berukuran 5 sentimeter kira-kira 2 kilogram, dan ada batu batre 9 volt," kata dia.

Akibat ledakan itu, kamar kontrakan AG berukuran 3 x 1,5 meter yang berada di paling pojok di antara kamar kontrakan lain mengalami kerusakan. Atap kamar jebol. "Kaca kamar pecah," kata Engkus.

AG yang merupakan penghuni kamar tersebut sehari-hari bekerja sebagai pedagang bakso. Ia menggontrak kamar di salah satu kontrakan yang berada di bantaran Sungai Cidurian itu sejak dua bulan lalu. Di kamar itu, ia tinggal sendiri. "Dia sehari-hari dagang, kurang berbaur," ujar Engkus.

Saat terjadi ledakan, AG sedang berada di luar. Dia baru pulang ke kontrakan setelah ledakan. Ketika itulah, polisi menangkapnya.

Wakil Kepala Polda Jawa Barat Brigadir Jendral Bambang Purwanto mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kejadian itu. Ia belum bisa memastikan apa yang menjadi pemicu ledakan yang diduga bom panci tersebut. "Pemicunya masih kami selidiki bersama tim Inafis dan Densus 88," kata dia, Sabtu, 8 Juli 2017.
 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait