Ingin Diterima Dalam Pergaulan Para Atasan di Kantor? Ini Kuncinya

Carisya Nuramadea | 20 Maret 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merasa pemalu dan tidak pandai dalam meningkatkan jejaring pertemanan? Tenang, kepiawaian dalam meningkatkan jejaring sosial bukan bakat terpendam. Itu adalah kemampuan yang bisa dipelajari.

Dalam Inc, Sonia Thompson bercerita bahwa kebiasaan yang dicampur dengan rasa rendah hati bisa meningkatkan jejaring sosial Anda dengan lebih efektif. Berikut langkah-langkahnya.

1. Benar-benar merasa tertarik dengan orang lain

“Dalam berjejaring yang efektif, dibutuhkan keinginan untuk benar-benar tahu dan memahami perspektif orang lain dan apa yang mereka kerjakan atau … memahami bagaimana Anda dan rekan dapat saling membantu untuk jangka panjang,” kata Lopez.

Berjejaring berarti membangun “jembatan” yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

2. Jadi pendengar yang baik

Therence Resabal, CEO Spectres.Solutions, berkomitmen untuk membuat kesan pertama dengan baik. Caranya adalah selama percakapan, ia dengan sabar mendengarkan apa yang orang lain katakan hingga selesai. Ini menunjukkan bahwa ia berempati pada lawan bicaranya. Lopez menganjurkan kita untuk bertanya atau mendengarkan.

3. Tidak ada yang ‘disembunyikan’

Setiap orang memang memiliki rahasia masing-masing. Namun, maksud dari rahasia di sini adalah, ketika berhubungan dengan orang lain, tidak ada motif buruk selain ingin membuat koneksi yang baik dan menciptakan hubungan yang menjadikan hidup lebih baik.

4. Bertingkah laku dengan pantas

Dengan perkembangan media sosial yang cepat, hubungan jangka panjang akan sulit terjaga tanpa kesabaran, ketulusan, dan etiket yang tepat.

“Senyumlah, percaya diri, jaga kontak mata, dan dengan kuat jabat tangan seseorang jika berkenalan dan berdiskusi dengan Anda,” kata Lopez.

Kalau dalam dunia bisnis, Lopez menganjurkan gunakan tangan kanan untuk bersalaman, jangan berlebihan dalam menaruh makanan di piring Anda, dan berusahalah untuk mengingat nama kenalan Anda meski saat itu baru pertama kali kenal. Hindari gosip tentang siapapun untuk menjaga suasana tetap positif.

5. Sabar

Bersabarlah saat membuat jejaring. Kadang Anda tidak bisa langsung nyambung dengan beberapa orang karena mungkin berbeda latar belakang.

Namun, membangun jejaring yang baik dan penuh rasa percaya butuh usaha. “Sangat baik jika Anda berhubungan dengan orang lain dalam keadaan tidak terdesak,” imbuh Lopez.

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait