Julia Perez Mengidap Kanker Serviks Stadium 2A, Ini Penjelasan Mengenai Penyakitnya

Ari Kurniawan | 27 Oktober 2014 | 16:57 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - ARTIS sensasional Julia Perez baru saja mengungkap bahwa dirinya mengidap kanker serviks atau kanker leher rahim stadium 2A. 

Secara umum, sudah diketahui jelas bahwa penyakit ini berbahaya dan beresiko kematian. Namun bagi yang belum mengetahui secara detail, sebenarnya seperti apa penyakit yang diakui sedang diderita oleh wanita yang biasa disapa Jupe ini?

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terbentuk di dalam jaringan tisu serviks atau leher rahim. Seperti dilansir National Cancer Institute, jenis kanker ini berkembang secara perlahan. Biasanya tidak memiliki gejala umum namun dapat dideteksi mengunakan tes khusus bernama Pap Test.

Umumnya, kanker serviks disebabkan oleh infeksi Huma Papillomavirus (HPV) yang salah satunya ditularkan saat berhubungan seks. Terdapat lebih dari 100 jenis HPV, kebanyakan diantaranya tidak berbahaya. Namun beberapa jenis HPV diketahui dapat mengganggu fungsi normal dari sel serviks hingga memicu timbulnya kanker.

Dua jenis HPV yaitu HPV 16 dan HPV 18 diketahui bertanggung jawab atas 70 persen timbulnya kasus kanker serviks. Jenis HPV ini tidak memiliki gejala, jadi sebagian besar wanita kerap tidak menyadari bahwa mereka mengidap kanker.

Menurut National Health Service (NHS), kanker serviks memang tidak memiliki gejala pada tahap-tahap awal. Namun terdapat beberapa kondisi yang patut diwaspadai. Diantaranya pendarahan vagina yang dapat terjadi usai berhubungan intim atau diantara masa haid maupun setelah menopause. Tetapi ini bukan berarti pendarahan vagina menjadi pertanda pasti adanya kanker serviks. Jika mengalami hal seperti ini, alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Jika penanganan dilakukan dengan cepat, kemungkinan kanker ditangani melalui pembedahan. Salah satunya seperti hysterectomy yaitu prosedur bedah pengangkatan rahim.

Ada pula langkah radioterapi sebagai alternatif pembedahan bagi wanita dengan tahap awal kanker serviks. Beberapa pasien juga dapat melakukan kombinasi dari kemoterapi dan radioterapi untuk menangani kanker yang dihadapi. Melalui penanganan seperti ini, tetap terdapat efek samping jangka panjang termasuk menopause dini serta ketidaksuburan.

Jenis serta stadium kanker yang dialami Julia Perez merupakan kondisi kesehatan serius yang memerlukan penanganan secepatnya. Menurut Cancer Research UK, pada stadium 2 kanker sudah mulai menyebar di luar leher rahim mengelilingi jaringan tisu. Namun ini belum menyebar hingga otot maupun ligamen dinding pelvis atau bagian bawah vagina.

Kanker serviks tahap 2A ini terbagi menjadi 2A1 dan 2A2. Pada 2A1, kanker berukuran 4 cm atau kurang dari dari 4 cm. Sedangkan pada 2A2, kanker sudah berkembang melebihi 4 cm. Jika sudah memasuki tahap 2B, maka ini akan menyebar hingga jaringan tisu disekeliling serviks.

Pada tahap 2A ini, kanker serviks masih dapat ditangani dengan pembedahan atau gabungan kemoterapi dengan radioterapi atau dikenal dengan istilah chemoradiation.

Langkah yang diambil oleh Julia Perez untuk menangani penyakit yang dideritanya saat ini?

(tika/gur)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait