Facebook dan Twitter Jadi Faktor Keretakan Satu dari Tujuh Rumah Tangga

Khairiyah Sartika | 30 April 2015 | 17:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menurut studi, satu dari tujuh pasangan yang sudah menikah, pernah mempertimbangkan perceraian akibat unggahan yang pernah dilakukan pasangannya melalui jejaring sosial.

Penelitian yang dibuat oleh firma hukum Slater and Gordon ini dilakukan setelah melihat banyaknya klien yang mengungkapkan bahwa Facebook, Skype, Twitter, WhatsApp dan jejaring sosial lain, memainkan peran signifikan dalam perceraian mereka.

Dilaporkan Daily Mail, Facebook dan Twitter saat ini menjadi ancaman signifikan terhadap rumah tangga. Pasalnya, jejaring sosial memicu pasangan untuk mencari tahu seputar kegiatan pasangannya serta cara mereka menggunakan jejaring sosial sehari-hari. 

Andrew Newbury dari Slater and Gordon menyatakan, lima tahun lalu Facebook jarang terungkit ketika berbicara konteks seputar perceraian. Namun kini, peran jejaring sosial sering dibahas dalam topik tersebut.

"Jejaring sosial adalah ladang ranjau bagi pernikahan. Jejaring sosial, khususnya gambar dan postingan di Facebook kini semakin sering dibahas dalam sebuah perceraian," ungkapnya.

Survei yang dilakukan Censuswide terhadap 2011 pasangan suami istri menemukan bahwa alasan orang memeriksa akun jejaring sosial pribadi pasangannya bertujuan mengetahui pihak mana saja yang melakukan interaksi, atau tempat yang dikunjungi setiap hari.

Seperempat dari jumlah tersebut mengungkapkan adanya kecurigaan setidaknya sekali seminggu. Sementara 17 persen merasakannya kecurigaan tersebut timbul setiap hari.

Alhasil, ini mengakibatkan pertengkaran yang dipicu akibat pesan rahasia dan unggahan gambar dari pasangan mereka.

Beberapa pihak menyatakan tak nyaman dengan hubungan yang dijalani ketika menemukan sesuatu dari akun Facebook pribadi pasangan mereka. Sementara sepertiga mengakalinya dengan menyembunyikan informasi, termasuk detil log-in seperti password dari pasangannya.

(tika/yb)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait