3 Metode Membentuk Disiplin pada Diri Sendiri

aura.co.id | 19 November 2016 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - ADA banyak faktor penting yang berkontribusi untuk kesuksesan dan kebahagiaan seseorang, tapi hanya ada satu yang dapat melahirkan kesuksesan dalam jangka panjang di semua aspek kehidupan: disiplin diri!

Apakah itu dalam hal diet kamu, kebugaran, karir, hubungan, disiplin diri adalah karakter nomor satu yang diperlukan untuk menggapai tujuan.

Berikut metode yang bisa kamu lakukan untuk membentuk disiplin diri!

1. Jauhkan godaan

Kontrol diri seringkali menjadi mudah ketika kita mematuhi pepatah lama, “tak terlihat, maka tak terpikirkan.” Menghilangkan semua godaan dan gangguan di sekitar kamu adalah langkah pertama yang penting dalam meningkatkan disiplin diri. Jika kamu misalkan mencoba untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas makanan kamu, jauhkan junk food. Hilangkan nomor telepon pesan antar yang menawarkan makanan junk food. Jika kamu ingin meningkatkan fokus kamu saat bekerja, matikan ponsel kamu dan bereskan ketidakrapihan di meja kamu. Atur diri kamu untuk sukses dengan menghilangkan pengaruh-pengaruh buruk!
 

2. Makan secara teratur dan sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa gula darah yang rendah sering melemahkan semangat seseorang. Ketika kamu lapar, kemampuan kamu untuk berkonsentrasi menurun karena otak kamu tidak berfungsi pada potensi tertingginya. Lapar membuat kamu sulit untuk fokus pada tugas yang sedang kamu kerjakan, ditambah lagi lapar membuat kamu pesimis dan lebih mudah marah. Agar kamu tetap pada jalur, pastikan kamu mendapat bahan bakar sepanjang hari dengan makanan ringan yang sehat dan makanan berat setiap beberapa jam. Makan teratur akan menjagar kadar gula darah serta meningkatkan kemampuan kamu dalam membuat keputusan dan berkonsentrasi.
 

3. Jangan menunggu saat yang tepat

Mengembangkan kedisiplinan diri berarti merubah rutinitas, yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan terganggu. Ketika perilaku menjadi kebiasaan, maka kita berhenti menggunakan kemampuan sadar kita dalam membuat keputusan dan fungsi auto pilot diaktifkan. Oleh karena itu, merubah kebiasaan buruk dan menciptakan kebiasaan baru tidak hanya memerlukan keaktifan membuat keputusan, tapi juga kamu akan merasakan sesuatu hal yang salah. Solusinya? Terimalah rasa salah itu. Terimalah kenyataan bahwa akan membutuhkan waktu untuk kebiasaan baru kamu agar terasa natural dan benar. Tetaplah melangkah, kamu akhirnya akan berhasil!

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait