Kiat-kiat Mencegah Kalap Belanja Pakaian

aura.co.id | 23 November 2016 | 22:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bosan dengan koleksi baju yang dimiliki atau tergoda dengan pajangan busana dan tawaran diskon, biasanya jadi penyebab wanita berbelanja pakaian. Sayangnya, tak jarang kebiasaan ini justru membuat Anda kalap dan akhirnya menyesal ketika tiba di rumah dan melihat tumpukan koleksi Anda.

Agar hal tersebut tidak kembali terjadi, cobalah untuk membuat daftar belanjaan sama seperti ketika Anda membuat daftar belanjaan kebutuhan rumah tangga. Tujuannya, supaya kebiasaan berbelanja busana Anda lebih terfokus.

Namun pertama-tama Anda wajib menyiapkan anggaran terlebih dahulu. Setelahnya, periksalah koleksi busana di lemari Anda dan catat busana apa yang Anda butuhkan dan inginkan. Batasi jumlahnya sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Tidak ada salahnya, untuk mengecek di internet tentang model busana yang ingin dibeli dan padu padannya dengan busana yang Anda miliki.

Selain itu, beberapa tip berikut juga sebaiknya Anda simak sebelum memutuskan membeli suatu busana:

Menyiapkan dana

Supaya tagihan kartu kredit Anda tidak menumpuk, buatlah pos pengeluaran untuk busana setiap bulannya. Jumlahnya bervariasi dan disesuaikan dengan penghasilan Anda. Ketika mendekati hari spesial tertentu, seperti hari raya atau menghadiri acara tertentu, Anda bisa menambah dana dalam pos ini.

Namun, gunakan dana tersebut dengan bijak dan usahakan tidak menghabiskannya dalam sekali pembelian. Tujuannya agar ketika Anda membutuhkannya untuk membeli busana tertentu karena tuntutan pekerjaan atau lainnya, Anda masih memiliki anggaran yang tersisa. Sesekali, izinkan diri Anda untuk membeli busana yang Anda sukai, tapi jangan lupa untuk megatur pos pengeluaran busana Anda di bulan depan.

Selalu coba busana yang ingin dibeli atau ketahui ukuran tubuh Anda

Meskipun busana yang ditaksir memiliki motif dan warna yang lucu, belilah hanya ketika Anda sudah mencobanya di badan dan merasa cocok. Ketika mencobanya, bayangkan apakah busana tersebut bisa dipadukan dengan busana yang telah Anda miliki. Hal ini untuk menghindari penyesalan kalau nantinya Anda merasa kurang cocok dengan busana tersebut atau merasa harus membeli busana lain karena tidak memiliki paduan busana yang cocok dengan baju yang telah dibeli. Jika telah benar-benar jatuh cinta dengan satu busana namun Anda tidak bisa mencobanya karena berbagai alasan, tanyakan ukuran busana tersebut kepada penjaga toko dan pastikan sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Sama halnya ketika berbelanja secara online, usahakan ukuran busana tersebut sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Periksalah ukuran busana satu per satu, mulai dari lingkar pinggang, lingkar dada, panjang, lebar, dan lainnya. Jangan segan untuk bertanya kepada pemilik online shop apabila tidak terdapat informasi yang rinci tentang ukuran busana yang akan dibeli.

Satu lagi, hindari membeli baju yang terlalu sempit dengan harapan Anda bisa mengurangi bobot tubuh hingga busana tersebut muat di tubuh. Karenan ketika tidak berhasil menurunkan berat badan, busana tersebut akan "terbuang" sia-sia.

Wajib meriset harga

Baik Anda membeli secara online ataupun di toko, wajib hukumnya untuk selalu melakukan riset harga. Ketika berkunjung ke toko baju, usahakan Anda mengunjungi beberapa toko sebelum memutuskan membeli suatu busana. Selain untuk membandingkan harga, riset ini juga bisa membantu Anda mencari motif dan warna busana yang tepat.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait