Agar Rumah Bebas dari Semut

Carisya Nuramadea | 23 Maret 2017 | 13:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semut adalah salah satu serangga yang paling sering anda temui di rumah. Begitu mereka bersarang di rumah, akan sangat sulit untuk menyingkirkan mereka. Tapi penyemprotan bahan kimia untuk mengusir semut dari rumah dapat berdampak buruk pada kesehatan keluarga.  Bagaimana mengatasinya?

Mari kita simak langkah-demi-langkah mengusir semut menjauhi rumah Anda dengan metode alami yang aman bagi manusia maupun hewan peliharaan Anda.

Apa yang akan Anda perlukan? Sediakan minyak esensial kayu manis, minyak cengkeh atau cuka, ketiganya bekerja sama baiknya untuk mengusir semut. 

Ingat, metode ini tidak akan membunuh semut, hanya menghalangi jalan mereka memasuki rumah Anda. Semut berjalan ke lokasi makanan dengan menggunakan aroma feromon semut lainnya. minyak esensial  maupun cuka memblok bau ini dan menyebabkan semut kehilangan navigasinya. 

Setelah ramuan pengusir semut siap, carilah lokasi sarangnya. Telusuri jalur perjalanan semut, mereka biasa tinggal di retakan dinding atau dalam tanah di pekarangan. Jelajahi rumah anda dan temukan sumber utama di mana mayoritas semut datang.  

Selanjutnya, rendam cotton bud dalam minyak esensial atau cuka dalam sebuah piring. Kemudian, oleskan ke sepanjang titik masuk semut ke rumah anda. Celah di bawah pintu, di sekitar jendela, dan sebagainya yang anda pikir menjadi jalan masuk semut. 

Karena minyak akan mengering setelah satu atau dua hari, Anda harus mengulangi perlakuan tersebut sampai 2-3 kali atau hingga Anda tidak melihat lagi penampakan semut. Kesabaran adalah kuncinya.  

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan bahan kimia yang aman yaitu asam borat sebanyak setengah sendok teh yang dicampur dengan 4 sendok makan gula dan satu cangkir air. Semut akan mengambil umpan gula yang bercampur asam borat dan membawanya kembali ke sarang untuk makanan Ratu dan anggota lainnya. Dan kemudian mereka akan mati karena mengonsumsi asam borat. 

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait