Tol Grinsing, Alternatif Hadapi Macet Mudik

TEMPO | 27 April 2017 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemerintah sedang menggenjot pengerjaan ruas tol Pemalang-Batang dan tol Batang Semarang guna menghadapi arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun ini.

Kepala Seksi Umum dan KSDM PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Forin mengatakan  tahun ini masyarakat sudah dapat menggunakan akses tol di ujung timur dan barat wilayah Pantura Jateng tersebut.

Namun karena masih terkendala pembebasan lahan, para pemudik belum sepenuhnya dapat memanfaatkan jalur-jalur itu pada Lebaran nanti. Meski demikian, pemerintah berupaya untuk dapat membuat jalur fungsional pada ruas tol Batang-Semarang yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

"Kami sedang melakukan pengecoran setebal 10 cm di sepanjang Pasekaran-Gringsing Kabupaten Batang," kata Forin kepada Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin saat mengunjungi ruas tol tersebut pada Rabu, 26 April 2017 kemarin.

Forin mengungkapkan, pihaknya diberikan target oleh pemerintah untuk menyelesaikan jalur Gringsing tersebut maksimal pada H-10 Idul Fitri 2017. Tujuannya, agar jalur tersebut dapat digunakan untuk mengurangi volume pemudik ke arah Kota Semarang. Apabila lancar, ruas jalur alternatif sepanjang 36 km tersebut akan dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat berukuran kecil.

"Sementara ini, jalur tersebut hanya dapat dilalui kendaraan kecil karena hanya terdiri dari dua lajur saja," ucapnya.

Forin  meminta kepada  Ridwan untuk dapat membantu pihaknya melobi PLN dan PDAM setempat untuk dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan tol Grinsing. Sebab, kendala pembangunan di exit tol Gringsing adalah tidak adanya penerang jalan dan air untuk kebutuhan toilet di rest area sementara yang mereka sediakan.

“Padahal dalam waktu 45 hari jalur ini harus sudah dapat dipergunakan."

Mendengar hal ini, Ridwan berjanji akan segera memberikan laporan kepada Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan mengundang kementerian dan lembaga terkait agar permasalahan yang dihadapi oleh  Waskita Karya di Grinsing dapat segera
terselesaikan.

Apabila lancar, jalur alternatif Grinsing akan dapat dilalui oleh pemudik dari arah Jakarta maupun sebaliknya. Selain itu, Waskita juga akan membangun rest area atau toilet sementara di sepanjang jalur Pasekaran-Gringsing.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Polda Jateng untuk membantu mengatur traffic di jalur tersebut mengingat proses pembangunan tol Batang-Semarang, masih dalam tahap pengerjaan," ucap Forin.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait