Penderita Diabetes Bisa Berumur Panjang Jika . .

aura.co.id | 19 November 2016 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TINGKAT prevalensi diabetes cukup tinggi terjadi di Indonesia. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2007, prevalensi diabetes mencapai 5,7 persen dan pre diabetes 10,2 persen.

Namun, kebanyakan pasien penderita diabetes merasa itu tidak mengganggu kenyamanan hidup hingga akhirnya muncul komplikasi yang menimbulkan penderitaan secara fisik maupun mental.

Ahli penyakit dalam RSCM, dr. Tri Juli Edi Tarigan mengatakan akibat diabetes bisa menimbulkan banyak penyakit komplikasi.

"Pada jantung menimbulkan serangan jantung, pada otak menimbulkan stroke, pada ginjal menyebabkan gagal ginjal, pada mata menyebabkan kebutaan, pada organ reproduksi menyebabkan impotensi pada pria serta menyebabkan gangguan sirkulasi darah dan sistem syaraf sehingga bisa menimbulkan amputasi pada kaki yang terluka," jelas dr. Tri di Jakarta beberapa waktu lalu.

Diabetes merupakan penyakit yang melekat seumur hidup, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Bahkan, dr. Tri menambahkan pasien diabetes bisa berumur panjang dan tidak mengalami komplikasi dengan menjaga kadar gula darahnya.

"Kuncinya jaga kadar gula darah, tekanan darah, kadar lemak darah senormal mungkin disertai dengan pengendalian pola makan dan melakukan aktivitas fisik yang tepat seperti berolahraga," tandasnya.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait