Raline Shah Merasakan Berkah Pola Didik Tanpa Pujian

Wayan Diananto | 17 Desember 2016 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - “Mama (Roseline Shah-red.) dan juga Papa (Rahmat Shah-red.) adalah VIP (very important person) dalam kehidupan saya. Tanpa restu Mama dan Papa, tidak ada yang berjalan mulus dalam kehidupan saya. Mama tidak pernah bereaksi dalam format menyerang anaknya. Ia selalu memberi kritik yang membangun produktivitas saya,” ujar Raline Shah (31).

Raline selalu mengundang orang tuanya hadir dalam gala premiere film-film yang dibintanginya. Setelahnya, ia terbiasa mendengar kritik Mama.

“Mama pernah mengkritik begini, ‘Habis adegan yang emosional tadi, sebaiknya kamu terdiam lebih lama; suara kamu di adegan itu kurang keras.’ Kritik Mama memacu saya lebih produktif. Begitu pun Papa,” beber Raline.

Saat memerankan Mei Rose dalam film Surga yang Tak Dirindukan, barulah Raline mendapat pujian. Sampai Raline kaget.

“Saya pikir ini hal yang tidak biasa. Saya teringat dulu, Mama dan Papa bilang: semua yang kamu lakukan bagus kecuali bagian yang bla-bla-bla. Atau Mama bilang begini: kamu sudah keren tapi.... Selalu ada tapi. Saat membintangi Surga yang Tak Dirindukan, Mama bilang: tadi, aktingmu bagus,” ujarnya bangga.

Dibesarkan di lingkungan yang nyaris tanpa pujian justru memberikan energi buat Raline Shah.

Pujian memiliki dua sisi: positif dan negatif. Dalam pandangan Raline, pujian cenderung negatif. Karenanya, ia melawan pujian itu dengan kerja keras dan kerja cerdas.

Roseline menanamkan satu prinsip dan satu pertanyaan di hati putrinya. Prinsip itu, lakukan yang terbaik bukan karena pujian namun karena termotivasi menjawab kritik. 

Sementara pertanyaan yang tak kunjung mengering di benak Raline: bagaimana mengerjakan sebuah proyek dengan lebih baik lagi.

Pola didik jarang dipuji membentuk karakter Raline seperti sekarang. Pola didik itu pula yang membuat Raline semakin kagum pada orang tua.

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait