Mengenang 10 Artis Indonesia yang Meninggal di Tahun 2016 (2)

Abdul Rahman Syaukani | 30 Desember 2016 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tahun 2016 beberapa artis dipanggil menghadap Tuhan, meninggalkan orang-orang yang dicintai. Berikut ini kenangan 10 artis yang  meningggal di tahun ini.

5. Irena Justine

Pesinetron Irena Justine meninggal dunia di usia 22 tahun. Irena Justine meninggal di rumah sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Kamis, 26 Mei 2016. 

Di hari sebelum meninggal almarhumah menjadi bintang tamu syuting taping program Baper RCTI yang dipandu oleh Denny Cagur. Di tengah seru-serunya main game, tiba-tiba Irena Justine terjatuh pingsan, diduga kena seragan jantung.

Neni, ibunda Irena Justine mengatakan, bahwa sang putri memang kerap pingsan jika menjalani pekerjaan berat dan merasa terbebani. "Kalau pingsan itu karena banyak beban, karena waktu syuting sama Dude, dia (Irena Justine) bentrok sama iklan dan sinetron. Jadi enggak bisa salah satu dipegang, dia beban terus pingsan," kata Neni kepada wartawan Jl.Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (9/6).

Irena Justine sudah berencana untuk menikah dengan kekasihnya, Alberto Marchesi, di bulan Oktober 2016. Keinginan tersebut tidak kesampaian karena Irena Justine keburu dipanggil menghadap Sang Khalik.

6. January Christy

Penyanyi lawas January Christy juga menghembuskan nafas terakhirnya di tahun 2016. Dia meninggal di usia 58 di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, pada 16 September 2016, akibat menderita sakit komplikasi.

Sebelum akhirnya meninggal dunia, January Christy sudah lama menderita penyakit paru-paru dan beberapa kali dilarikan ke rumah sakit akibat kondisi kesehatannya ngedrop. Jenazah January Christy dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

7. Ireng Maulana

Musisi jazz senior Ireng Maulana menghembuskan nafas terakhirnya di tahun ini. Dia meninggal dunia pada 6 Maret 2016 setelah menderita penyakit jantung sejak 2006 silam.

Ireng Maulana dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin, 7 Maret 2016. Pemakaman Ireng Maulana kala itu diwarnai hujan air mata dari keluarga

"Terima kasih buat yang hadir di pemakaman papa. Kalau ada salah, tolong dimaafkan," kata Tommy Maulana, putra almarhum Ireng Maulana, sambil terisak.

8. Budi Anduk

Komedian Budi Prihatin alias Budi Anduk meninggal dunia pada hari Senin, 11 Januari 2016 lalu, di RS Kanker Dharmais, Jakarta, di usia 47 tahun, akibat menderita sakit paru-paru, kanker dan tumor.

Menurut penuturan Parto, sahabat almarhum, terdapat cairan di bagian paru-paru Budi Anduk. "Saat pulang kampung Idul Fitri tahun lalu, Budi Anduk sempat mengungkapkan dadanya sesak. Setelah diperiksa, dokter memeriksa jika paru-parunya terdapat cairan," kata Parto ketika itu.

Budi Anduk sempat menjalani pemeriksaan medis pengangkatan cairan di bagian paru-parunya. Namun dia juga berusaha berobat ke ahli pengobatan alternatif. Jelang meninggalnya Budi Anduk, menurut penuturan sang istri, dia kerap berhalusinasi seperti tengah melihat hal-hal aneh. Budi Anduk juga kerap ngingau tidak jelas.

9. Hendrik Ceper

Komedian Hendrik Ceper meninggal dunia di Rumah Sakit Singaparna Medika Citra Utama (SMC), Tasikmalaya, Minggu, 3 Juli 2016, sekitar pukul 02:47 WIB waktu dini hari.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Hendrik Ceper sudah menjalani perawatan intensif selama 12 hari di rumah sakit Singaparna akibat sakit jantung dan gagal ginjal.

Di mata sang istri, Nur Zalilah, Hendrik Cepek terasuk pria pekerja keras dan bertanggungjawab sama keluarga. Jika job di dunia hiburan sedang sepi, Hendrik Ceper tak segan-segan menjadi pekerja kasar demi menutupi kebutuhan keluarga.

"Kang Hendrik sudah tiga bulan kerja di pabrik tekstil di Kabupaten Bekasi. Shooting kalau jadi tamu undangan saja," cerita Nur.

10. Agus Leo

Pesinetron Agus Leo menghembuskan nafas terakhirnya di Surabaya, Jawa Timur, pada 12 April 2016. Kondisi kesehatan Agus Leo memburuk sejak meningalnya sang istri, Misye Arsita, 5 bulan sebelumnya (5 November 2015). Ageng Kiwi, sahabat almarhum, mengabarkan penyebab meninggalnya Agus Leo.

"Aku rasa sih kanker usus, tapi dia enggak mau cerita. Cuma, dia bilang ada pengobatan rutin di Surabaya. Ada masalah sama ususnya," ungkap Ageng Kiwi saat dihubungi wartawan lewat telepon, Selasa, 12 April 2016.

Jelang meninggalnya, Agus Leo jadi semakin religus. Berat badannya menurun hingga 10 Kg.

 

(man/yb)

 

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait