2NE1 Bubar, Nam Tae Hyun Meninggalkan WINNER, Ada Apa dengan YG Entertainment?

Rizki Adis Abeba | 10 Desember 2016 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah membubarkan 2NE1 Kamis (24/11), keesokan harinya YG Entertainment mengumumkan keluarnya Nam Tae Hyun (22) dari WINNER.

Dua kabar buruk ini mengejutkan penggemar 2NE1 dan WINNER atau yang biasa disebut Black Jack dan Inner Circle. Ada apa dengan YG Entertainment? 

Dalam pernyataan resmi, agensi yang dipimpin Yang Hyun Suk ini menyebut, berakhirnya kontrak dengan semua personel 2NE1 dan pengunduran diri Minzy dari YG pada April sebagai penyebab utama.

“Kontrak eksklusif 2NE1 telah berakhir Mei 2016. Dan dengan pengunduran Minzy, kami sampai di keputusan untuk resmi membubarkan 2NE1, setelah berdiskusi dengan personel tersisa,” ungkap YG. 

Dua personel 2NE1, CL (25) dan Sandara Park (Dara, 32), kemudian memperpanjang kontrak. Sedangkan nasib Park Bom yang tersandung skandal penggunaan obat-obatan terlarang pada 2014 tidak diketahui jelas. 

Alasan yang dikemukaan YG memicu kekecewaan Black Jack. Penggemar menganggap YG melempar tanggung jawab. Seolah-olah bubarnya 2NE1 adalah kesalahan Minzy yang tidak melanjutkan kontrak. Black Jack juga menilai YG tidak jujur, karena pembubaran 2NE1 sebenarnya sudah direncanakan. 

YG sempat melayangkan “janji surga”, 2NE1 akan mengeluarkan single terbaru musim panas tahun ini dengan personel tersisa.

Kenyataannya, CL sibuk mengejar karier solo di Amerika Serikat dan merilis single “Lifted” September, sedangkan Dara asyik berakting. Musim panas, YG justru melahirkan grup Black Pink, dengan gaya musik dan penampilan mirip 2NE1, bahkan disebut-sebut sebagai pengganti 2NE1.

Alasan keluarnya Nam Tae Hyun dari WINNER tak kalah mengherankan. Kata YG, Tae Hyun terpaksa meninggalkan grupnya karena kesehatan mentalnya tidak stabil. “(Penyakit mental) ini telah dideritanya sejak kecil, sulit memprediksikan kesembuhannya,” ungkap YG.

Pernyataan YG ini juga tidak dimengerti penggemar. Jika benar penyakit ini diidap Tae Hyun sejak lama, seharusnya diketahui sebelum pembentukan WINNER sehingga tidak mengganggu keseimbangan grup musik ini. 

Setelah dua pengumuman besar itu, netizen membuat tagar #Justicefor2NE1 dan #JusticeforNamTaeHyun. Sebagai apresiasi terhadap 2NE1 yang telah melahirkan musik-musik K-pop terbaik selama tujuh tahun berkarya, mereka juga membuat tagar #ThankYou2NE1.

 

(riz/gur)

 

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait