Mengirim Pesan Singkat dapat Membantu Berhenti Merokok

Khairiyah Sartika | 13 Juni 2014 | 14:32 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - APAKAH Anda seorang perokok aktif dan tengah mencari solusi efektif menghentikan kebiasaan merokok?

Sebuah studi terbaru menemukan langkah efektif dalam membantu para perokok berhenti menghisap batang tembakau, kali ini melalui upaya pengiriman pesan singkat.

Dalam studi ini, para peneliti mengkaji tingkat keefektifan program yang diberi nama "Text2Quit."

Program ini bekerja dengan mengirimkan pesan menginspirasi untuk membantu para perokok berhenti.

Misalnya, salah satu pesan dapat menyampaikan jumlah uang yang dikeluarkan untuk rokok yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain yang jauh lebih penting. Ataupun fakta kesehatan di balik bahaya merokok.

Untuk meneliti lebih lanjut, pencetus Text2Quit, Lorien Abroms dari Milken Institute School of Public Health di George Washington University mengajak lebih dari 500 perokok untuk mencoba hal ini.

"Saya tertarik membantu orang lain berhenti merokok melalui terapi sikap kognitif dan dengan maraknya perangkat handphone, saya berpikir ini merupakan kesempatan yang tepat."

Setelah 6 bulan, para peneliti menemukan sejumlah 11 persen perokok berhasil berhenti merokok sama sekali melalui program ini. Abroms pun berpendapat bahwa kehadiran teknologi telfon genggam dapat membawa manfaat dalam menghentikan konsumsi rokok.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait