Pepeng Wafat Setelah Bertahun-tahun Menderita Multiple Sclerosis, Penyakit Apa Itu?

Khairiyah Sartika | 6 Mei 2015 | 14:03 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - KOMEDIAN Pepeng yang baru dikabarkan meninggal dunia, Rabu (6/5) merupakan salah satu dari sekian banyak orang di dunia yang mengidap penyakit multiple sclerosis.

Seperti yang dijelaskan National Multiple Sclerosis Socitey, multiple sclerosis atau biasa disingkat MS, merupakan penyakit yang tak tidak dapat diprediksi dimana menyerang sistem syaraf pusat sehingga menggangu saluran informasi di dalam otak, sekitar otak dan seluruh tubuh.

Para penderita MS mengalami kerusakan myelin dalam central nervous system atau sistem syaraf pusat dan juga serabut syaraf. Ini akhirnya menghambat transimisi sinyal syaraf diantara otak dan syaraf tulang belakang serta bagian tubuh lainnya.

Akibatnya menyerang sistem syaraf dan mengakbitakan beberapa pasien perlahan kehilangan kemampuan berjalan. 

Penyebab MS masih belum diketahui. Namun menurut para ahli, penyakit ini dipicu oleh beberapa faktor lingkungan yang juga belum teridentifikasi, terhadap seseorang yang secara genetis dapat terekspos terhadap penyakit ini.

Penyakit MS telah menyerang lebih dari 2,3 juta orang di seluruh dunia. Namun penyakit ini diketahui tidak menular maupun diturunkan secara langsung.

Terdapat empat jenis MS yakni relapsing-remitting MS (RRMS), primary-progressive MS (PPMS), secondary-progressive MS (SPMS), dan progressive-relapsing MS.

Namun RRMS menjadi jenis multiple sclerosis yang paling sering ditemui. Karakteristik penyakit ini ditandai dengan penurunan fungsi neurologis. Sebanyak 85 persen pasien yang menderita MS terdiagnosa dengan RRMS.

Sejauh ini belum ditemukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit mutiple sclerosis.

Namun pengobatan diketahui hanya berfokus pada pencegahan untuk menangani terjadinya relapse atau serangan dadakan yang biasa dikenal dengan exacerbations, memperlambat perkembangan penyakit serta penanganan gejala.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait