Anak Lebih Baik Membaca Ketimbang Nonton Televisi, Ini Alasannya

aura.co.id | 15 Desember 2016 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SEBUAH penelitian yang dilakukan University of Cambridge mengungkapkan bahwa setiap satu jam waktu yang dihabiskan anak-anak usia remaja untuk menonton TV, mengakses internet maupun bermain game di komputer dikaitkan dengan prestasi akademik mereka yang menurun saat duduk di bangku sekolah menengah atas. 

Guna mendapatkan temuan ini peneliti menganalisis 845 murid sekolah menengah di Cambridgeshire dan Suffolk, lalu mengukur tingkat aktivitas dan kebiasaan yang sering mereka lakukan pada usia 14,5 tahun. Kemudian, Peneliti membandingkannya dengan nilai ujian peserta penelitian pada tahun berikutnya.

Ditemukan setiap satu jam tambahan per hari yang dihabiskan anak-anak untuk menonton televisi atau bermain game online pada usia 14,5 tahun membuat nilai mereka turun dua tingkat, misalnya dari nilai B ke D.

"Menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar tampaknya membuat prestasi akademis mereka menurun," ujar peneliti utama Kirsten Corder seperti dilansir dari laman Zeenews.

Sebaliknya peneliti juga menemukan bahwa ketika siswa siswi ini mengerjakan pekerjaan rumah atau membaca setiap hari maka berdampak positif terhadap peningkatan prestasi mereka.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait