Lift Jatuh dari Lantai 7 Blok M Square, Diduga Kelebihan Muatan

TEMPO | 17 Maret 2017 | 14:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah lift jatuh dari lantai 7 di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan. Lift jatuh tersebut merupakan lift yang menuju Masjid Nurul Iman yang berada di lantai tersebut. Menurut pantauan, terdengar suara dentuman hingga lantai 7. Saat peristiwa tersebut terjadi, Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang melangsungkan shalat Jumat di sana.

"Astagfirullah, kapan? Sudah ada ambulance? Korbannya berapa? Nanti kita ke sana kita cek," kata Anies, ketika mendengar kabar lift jatuh tersebut, Jumat, 17 Maret 2017.

Peristiwa tersebut terjadi saat usai shalat Jumat, di mana para jamaah mulai keluar meninggalkan masjid. Menurut salah satu korban, Sutoto yang berusia 45 tahun, lift terjatuh akibat kelebihan kapasitas. "Begitu semuanya masuk, full juga kan. Liftnya sudah los ke bawah. Sudah nggak bisa megang lagi. Langsung saja turun (jatuh)," jelas Sutoto.

Jatuhnya lift dari lantai 7, menurut salah satu korban berlangsung selama 20 detik. "Begitu liftnya ketutup, langsung jatuh. Banyak tadi isinya. Lebih kali 10 orang. Banyak anak SMP juga," ujar Endang, salah satu korban di dalam lift tersebut.

Kondisi lift terlihat berantakan, dinding belakang lift copot dan lantai lift berserakan terpecah. Saat ini korban sebagian masih berada di Blok M square, sebagian sudah dilarikan ke RS Pertamina pusat, berdasarkan keterangan orang yang membantu di sana.

"Kayaknya kaki saya kebentur ini. Masih ngilu-ngilu gitu. Kalau saya sih, saat jatuh masih berdiri. Soalnya saya kan di depan. Nah yang belakang itu kayaknya ada yang ketiban atap belakang. Atap belakangnya itu kan langsung roboh gitu," tutur Endang.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait