Gaun Malam dan Kostum Nasional Nita Sofiani di Ajang Miss Earth 2013 Raih Penghargaan

Khairiyah Sartika | 10 Desember 2013 | 14:13 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - PADA setiap ajang kontes kecantikan, daya tarik busana setiap kontestan menjadi salah satu sorotan.

Begitupun perhelatan Miss Earth 2013 yang digelar di Filipina pada malam puncak yang digelar pada 7 Desember 2013.

Lewat kategori busana pula, wakil Indonesia Nita Sofiani berhasil meraih penghargaan untuk Miss Earth National Costume dan Top 10 Best Evening Gown.

Masing-masing busana yang berhasil meraih penghargaan terdiri dari gaun malam yang dipersembahkan oleh rancangan Harry Ibrahim sedangkan kostum nasional karya Rusly Tjohnardi.

"Cukup bangga sebagai salah satu yang terbaik di Asia," ujar Nita saat jumpa pers di Old Town White Coffee, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (9/12).

Asisten pertama Harry Ibrahim, Bapak Untung menjelaskan bahwa pembuatan gaun sempat diburu waktu karena hanya memperoleh selang pengerjaan selama tiga minggu. Namun akhirnya berhasil tercipta suatu gaun malam indah mengusung tema "Aurora".

"Konsep ini diambil karena ini Miss Earth," jelasnya. "Ini merupakan fenomena yang biasa terjadi di kutub utara dan selatan berupa kemunculan cahaya berwarna keungu-unguan dan kehijauan."

Dengan gaya simpel, bahan yang tidak berlebihan serta potongan lengan asimetris, gaun ini mewakili aurora yang terjadi di bumi dan berhasil menjadi salah satu gaun favorit di ajang bergengsi ini.

Sedangkan untuk kostum nasional, diangkatlah konsep "Ibu Pertiwi". Nita mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan Indonesia melalui media yang berbeda. "Ini menjelaskan kepada dunia bahwa inilah konsep ibu pertiwi," terangnya. Selain itu, wanita berusia 21 tahun ini juga membawa 10-12 gaun lain untuk dikenakan selama kegiatan ajang Miss Earth 2013. Keseluruhan penampilan Nita juga dipercantik oleh aksesoris dari Alston Stephanus.

Suatu prestasi yang patut dibanggakan, khususnya melirik kemajuan industri fesyen Indonesia serta keberhasilan Indonesia di kancah internasional.

(tika/ade)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait