CATATAN MUSIK 2013: Wajah Musik Barat Tahun 2013

Khairiyah Sartika | 18 Desember 2013 | 13:36 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TAHUN 2013 menyimpan momen-momen yang menarik dalam jagat industri musik global. Ratusan artis, penyanyi dan band saling berlombauaskan para penikmat musik dengan karya mereka masing-masing.

Sepanjang tahun, banyak higlight menarik terjadi dalam industri musik barat. Ini terlihat melalui banyak aspek seperti genre album yang dikeluarkan, promosi yang dilakukan, usaha yang diterapkan serta sensasi yang terjadi sehingga berhasil mendongkrak karya musisinya.

Berbagai cara menarik pun dilakukan oleh para penyanyi untuk mempromosikan album dan single mereka.

Jika pada tahun sebelumnya, teknologi masih menjadi media sekunder yang dimanfaatkan oleh para penyanyi untuk memperkenalkan karya mereka ke dunia, maka tahun ini terlihat sekali pemanfaatan teknologi, internet dan jejaring sosial secara maksimal dalam industri musik. Yang saya maksud antara lain teknologi audio maupun visual, akun Twitter, Instagram, Facebook, Soundcloud serta iTunes.

Justin Timberlake, Beyonce, Justin Bieber, dan para eks bintang Disney
Contohnya yang dilakukan Justin Timberlake saat merilis "The 20/20 Experience" pada 15 Maret. Enam bulan setelah merilis album yang berhasil memperoleh tanggapan positif, ia merilis bagian kedua dari album tersebut. Pada saat itu pelantun "Mirrors" ini melakukan promosi melalui akun Instagram pribadinya dengan mengunggah foto berisi bocoran mengenai album berikutnya. Pada 27 September, Timberlake akhirnya merilis bagian kedua berjudul "The 20/20 Experience - 2 of 2."

Sama halnya dengan Justin Bieber yang juga memanfaatkan Instagram untuk mewujudkan "Music Mondays" dengan merilis lagu baru setiap hari Senin yang dimulai 3 Oktober 2013 selama 10 minggu. Ini sekaligus menjadi upayanya mempromosikan film Believe 3D yang merupakan film lanjutan Justin Bieber: Never Say Never.

Pasangan Jay-Z dan Beyonce juga masing-masing punya cara tersendiri memperkenalkan karya-karya mereka ke dunia. Sebelum mengeluarkan "Magna Carta Holy Grail", Jay-Z melakukan promosi bersama Samsung yang kemudian menampilkan cuplikan video dan potongan lagu untuk beberapa single melalui Youtube.

Sang istri, Beyonce pun melakukan gebrakan dahsyat di industri musik pada akhir tahun dengan mengeluarkan satu album berisi 14 lagu serta 17 video sekaligus, melalui itunes dan Youtube. Ini dilakukan tanpa promosi, pemberitaan maupun kabar mengenai rencana atau proses pembuatan sebelumnya. Ini cara yang tak biasa bahkan dapat dikatakan luar biasa. Tentu, cara yang dilakukan Beyonce dapat menjadi inspirasi bagi penyanyi lain pada tahun-tahun berikutnya.

Selain itu, jagat musik juga tampak mengalami perubahan di beberapa titik, seperti perkembangan para penyanyi serta perubahan genre yang diusung. Para penyanyi muda dari rombongan eks. Disney seperti Demi Lovato, Selena Gomez dan Miley Cyrus dapat dikatakan cukup mendobrak tangga musik tahun ini. 

Jika Demi menampilkan kekuatan dan kematangan suaranya pada album "Demi" yang dirilis pada bulan Mei silam, Gomez cukup menuai perhatian berkat album "Stars Dance" dengan memperlihatkan sosok yang lebih dewasa, baik dari segi pemilihan lagu, lirik maupun penampilan.

Miley Cyrus pun dapat dikatakan highlight nyentrik di industri musik tahun ini. Pasalnya, terjadi perubahan drastis dari bintang berusia 21 tahun ini. Musik yang ditampilkan seringkali diiringi aksi senonoh di atas panggung seperti saat dirinya "Twerking" di panggung MTV Video Music Awards 2013, pakaian yang serba terbuka serta pemilihan konsep video seperti yang terlihat di "Wrecking Ball".

Ada pula yang menarik, datang dari boyband tahun '90-an yakni New Kids on The Block yang merilis album bertajuk "10" dengan aliran yang lebih dance-pop dan techno serta 98 Degrees dengan "2.0". Backstreet Boys pun ternyata tak mau kalah. Setelah berkumpul kembali, mereka merilis "In a World Like This" yang juga mengusung genre pop dan dance. Suatu pilihan yang jauh berbeda dibandingkan era 1990-an yang lekat dengan lagu-lagu mellow, slow dan pop.

Jika yang muda ingin terlihat lebih dewasa, maka yang tua pun berusaha menunjukkan jiwa muda mereka dalam musik yang dihasilkan. Walau masih banyak yang bertahan pada genre yang diusung, tampak beberapa peralihan genre yang cenderung mengarah lebih ke "dance", "electro" dan "pop".

Ini juga diramaikan oleh kehadiran album yang mengusung musik elektronik dan cukup memperoleh perhatian sepanjang tahun 2013. Yakni "Random Access Memories" milik Daft Punk serta kehadiran Capital Cities dengan sederet lagu dari "In a Tidal Wave of Mystery" dan Icona Pop yang hits berkat single "I Love It".

Musik tahun ini juga tak lepas dari kata "bugil" dan aksi senonoh. Seperti yang terlihat melalui video klip "Blurred Lines" Robin Thicke dan album "Artpop" Lady Gaga. Juga, single sensasional Miley Cyrus "Wrecking Ball" yang memperlihatkan dirinya sedang bergelayutan telanjang. Semua menyisipkan hal-hal vulgar yang kemudian berhasil memancing rasa penasaran para pendengar.

Fenomena musik tahun 2013 secara keseluruhan terbilang variatif dan memberikan warna yang berbeda. Dengan kehadiran teknologi, penyanyi mampu menciptakan musik dengan cara yang lebih luas dan mengalirkan karya kepada para pendengar agar dapat diperoleh secara lebih mudah. Namun sayangnya ini sekaligus menghilangkan esensi dari penggunaan CD dan kaset. Sementara itu, aksi senonoh yang cukup ramai terlihat di beberapa video malah mengikis kualitas dari musik yang dihasilkan para musisi. 

Namun bagaimanapun, musik barat akan selalu berkembang dan berubah dengan caranya sendiri tanpa terpusat pada satu genre yang sedang populer.***

(tika/ade) 

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait